Komunikasi Reflektif dalam Pendampingan Belajar Anak Paska Pandemi Covid-19

Utami, Isti Purwi Tyas (2022) Komunikasi Reflektif dalam Pendampingan Belajar Anak Paska Pandemi Covid-19. Technical Report. Universitas Pembangunan Jaya, Tangerang Selatan.

[img] Text
B_III_2_1__Bukti_Pengabdian_Masyarakat_Seminar_Parenting_UPJ-Dian_Insan_Cipanas.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kembali diberlakukannya sistem belajar tatap muka secara langsung paska pandemi Covid 19 serta jeda kegiatan pembelajaran berupa libur panjang menjadi tantangan tersendiri bagi murid Pra Sekolah dan TK, orang tua,maupun guru. Perubahan sistem belajar yang sangat dinamis selama pandemi mulai dari PJJ, PTMT dan PTM 100% pun menuntut kemampuan adaptasi yang baik. Bagi siswa Pra Sekolah dan TK perubahan tersebut merupakan hal yang tidak mudah. Demikian juga dengan orang tua dan guru yang mendampingi. Perubahan yang sangat dinamis ini sangat mungkin memunculkan ketidakpastian komunikasi serta fluktuasi motivasi anak dalam belajar. Ketidakpastian komunikasi yang dialami pun sangat berbeda antara anak dan orang dewasa. Ketidakpastian tinggi pada anak menghadirkan rasa cemas pada jadwal belajar yang baru, tugas yang harus dikerjakan sendiri, serta adaptasi dengan teman dan kelas baru. Pada orang tua kecemasan yang muncul lebih pada kekhawatiran pada risiko kesehatan dan kemampuan anak mandiri mengikuti kegiatan belajar berikut tugas-tugasnya yang sebelumnya banyak dibantu selama anak mengikuti pembelajaran secara online. Sementara guru harus mampu memahami ketidakpastian yang dihadapi murid dan orang tua. Kondisi ini dapat disiasati dengan menggunakan strategi pengurangan ketidakpastian komunikasi dan berlatih keterampilan komunikasi reflektif. Pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para peserta seminar mengenai strategi pengurangan ketidakpastian komunikasi dan komunikasi reflektif paska pandemi covid 19. Dengan mendapatkan pemahaman mengenai strategi pengurangan ketidakpastian dalam komunikasi dan melatih kemampuan komunikasi reflektif diharapkan murid, orang tua dan guru dapat mengatasi ketidaknyamanan komunikasi yang dialami berikut masalah perubahan motivasi belajar. Dengan demikian komunikasi tetap dapat berjalan efektif dan masing�masing pihak dapat mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran tatap muka paska pandemi. Pelatihan ini menggunakan teori Pengurangan Ketidakpastian dan konsep Komunikasi Reflektif. Dalam teori Pengurangan Ketidakpastian terdapat tiga jenis strategi utama untuk mengurangi ketidakpastian kognitif dan perilaku antara dua orang asing dalam arti kurang mengenal latar belakang satu sama lain atau orang yang sangat berbeda budaya. Namun demikian ketidakpastian komunikasi pun dapat terjadi pada relasi interpersonal yang mengalami tantangan karena perubahan kondisi lingkungan. Sementara komunikasi reflektif adalah bentuk keterampilan komunikasi yang melatih pelakunya mengenali dan menerima emosi, memverbalisasikan pikirannya dengan demikian dapat menemukan kesepakatan bersama mengenai pemecahan masalah.

Item Type: Laporan Penelitian Dosen (Technical Report)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:06
Last Modified: 30 Aug 2023 06:06
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item