Sumahna, Nuzul Ramadhani (2023) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis Web di Toko Marahobina, Studi Kasus : Backend. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (695kB) |
|
Text
2. Abstract.pdf Download (229kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (229kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (242kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (372kB) |
|
Text
6. Daftar Tabel.pdf Download (232kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (225kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (477kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (927kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (444kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (345kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (233kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (464kB) |
Abstract
Bisnis adalah kegiatan pelayanan untuk memperoleh suatu keuntungan didalam proses berjalannya, salah satu pelayanan yang diberikan didalamnya adalah kegiatan pemesanan. Pemesanan sendiri merupakan proses penjualan barang yang bertujuan memuaskan kebutuhan pelanggan dengan cara menawarkan barang yang dapat dipesan oleh pelanggan secara periode. Marahobina adalah salah satu bisnis yang berfokus memberikan pelayanan pemesanan barang kepada pelanggannya, mulai barang hobi wotaku dan hobi gamer. Proses pemesanan barang yang terjadi di Marahobina dapat dilakukan secara pre-order yang merupakan kegiatan proses pemesanan barang oleh pelanggan mengikuti periode waktu terbatas yang diberikan oleh Marahobina di dalam katalog, dan request-order yang merupakan kegiatan proses pemesanan barang yang diminta secara khusus oleh pelanggan kepada Marahobina karena barang yang diinginkan tidak tersedia pada katalog Marahobina atau telah melewati periode waktu terbatas yang diberikan. Permasalahan yang diangkat di dalam penelitian ini berfokus pada permasalahan di dalam proses bisnis berjalan di Marahobina yaitu kesalahan pada proses pengelolaan data antara data pemesanan dengan data barang, sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan pada proses penginputan data yang jika dibiarkan akan merugikan pihak Marahobina dan pelanggan. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, maka dilakukan analisis sekaligus melakukan perancangan sistem informasi pemesanan berbasis web menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall dan PIECES framework untuk menjelaskan kegunaan sistem yang dirancang saat ini dengan sebelum adanya sistem agar diperoleh perbandingan pada jawaban permasalahannya. Dengan membahas studi kasus pada back-end sistem informasi pemesanan Marahobina, maka hasil akhir yang diinginkan dari analisis dan perancangan sistem informasi pemesanan ini dapat membantu proses pengelolaan data dan penginputan data antara data barang dengan data pemesanan.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bisnis, Pemesanan, Marahobina, Pengelolaan data, dan Back-end |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi |
Depositing User: | Mrs Nuzul Ramadhani Sumahna |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:02 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 01:02 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6022 |
Actions (login required)
View Item |