Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis Web di Toko Marahobina, Studi Kasus : Backend

Sumahna, Nuzul Ramadhani (2023) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis Web di Toko Marahobina, Studi Kasus : Backend. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (695kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (242kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (372kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (232kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (225kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (927kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (464kB)

Abstract

Bisnis adalah kegiatan pelayanan untuk memperoleh suatu keuntungan didalam proses berjalannya, salah satu pelayanan yang diberikan didalamnya adalah kegiatan pemesanan. Pemesanan sendiri merupakan proses penjualan barang yang bertujuan memuaskan kebutuhan pelanggan dengan cara menawarkan barang yang dapat dipesan oleh pelanggan secara periode. Marahobina adalah salah satu bisnis yang berfokus memberikan pelayanan pemesanan barang kepada pelanggannya, mulai barang hobi wotaku dan hobi gamer. Proses pemesanan barang yang terjadi di Marahobina dapat dilakukan secara pre-order yang merupakan kegiatan proses pemesanan barang oleh pelanggan mengikuti periode waktu terbatas yang diberikan oleh Marahobina di dalam katalog, dan request-order yang merupakan kegiatan proses pemesanan barang yang diminta secara khusus oleh pelanggan kepada Marahobina karena barang yang diinginkan tidak tersedia pada katalog Marahobina atau telah melewati periode waktu terbatas yang diberikan. Permasalahan yang diangkat di dalam penelitian ini berfokus pada permasalahan di dalam proses bisnis berjalan di Marahobina yaitu kesalahan pada proses pengelolaan data antara data pemesanan dengan data barang, sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan pada proses penginputan data yang jika dibiarkan akan merugikan pihak Marahobina dan pelanggan. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, maka dilakukan analisis sekaligus melakukan perancangan sistem informasi pemesanan berbasis web menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall dan PIECES framework untuk menjelaskan kegunaan sistem yang dirancang saat ini dengan sebelum adanya sistem agar diperoleh perbandingan pada jawaban permasalahannya. Dengan membahas studi kasus pada back-end sistem informasi pemesanan Marahobina, maka hasil akhir yang diinginkan dari analisis dan perancangan sistem informasi pemesanan ini dapat membantu proses pengelolaan data dan penginputan data antara data barang dengan data pemesanan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bisnis, Pemesanan, Marahobina, Pengelolaan data, dan Back-end
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi
Depositing User: Mrs Nuzul Ramadhani Sumahna
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:02
Last Modified: 05 Jul 2023 01:02
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item