Nadya, Kamila (2019) Penerapan Elemen Healing Architecture Pada Sekolah Alam Amardhika, Cibubur. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
0_Halaman Sampul.pdf Download (274kB) |
|
Text
6_Ringkasan.pdf Download (13kB) |
Abstract
Sekolah menjadi sumber utama bagi masyarakat dalam mencari ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidupnya, tidak terkecuali untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). ABK membutuhkan ruang edukasi yang dirancang secara spesifik untuk mengakomodir kebutuhannya. Upaya penciptaan lingkungan yang mampu menyeimbangkan kesehatan pikiran, tubuh dan jiwa manusia dikenal dalam dunia arsitektur sebagai ruang pemulih (healing architecture). Sebagai studi kasus, peneliti menelaah Sekolah Alam Amardhika yang berperan sebagai sekolah inklusi sekaligus sekolah alam. Analisis terhadap studi kasus dilakukan dengan menelaah penerapan prinsip dan elemen penyembuh terhadap kondisi fisik Sekolah Alam Amardhika. Prinsip penciptaan ruang pemulih antara lain adalah bagaimana lingkungan fisik dapat mengurangi stressor, meningkatkan privasi, memiliki kenyamanan dan kontrol akustik untuk ABK, serta kemudahan dalam mengakses pemandangan. Sementara itu, elemen penyembuh antara lain mencakup elemen visual, lansekap, interior, produk, material, furnitur, warna, seni dan dekorasi
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Arsitektur |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 13 Apr 2020 19:19 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 19:19 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/61 |
Actions (login required)
View Item |