Dewi, Luh Aninda Ratna (2023) Perancangan Konsep Permainan Berbasis Virtual Reality “SANKRIS” Sebagai Media Pengenalan Keris Nusantara. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (113kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (161kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (210kB) |
|
Text
Daftar Gambar.pdf Download (357kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (92kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (353kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (4MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (147kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (569kB) |
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (986kB) |
Abstract
Keris adalah senjata tikam yang sudah ada sejak zaman dahulu dan telah mengalami perubahan fungsi. Keris telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia dari Bangsa Indonesia (World Heritage of Humanity) pada November tahun 2005 silam. Walaupun telah diakui oleh UNESCO, popularitas keris di kalangan anak muda masih sangat minim karena eksistensinya mulai tergerus akibat efek modernisasi. Oleh karena itu, berdasarkan masalah yang terdapat di masyarakat, perancangan konsep permainan interaksi virtual reality untuk pengenalan keris kepada anak muda diusulkan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan. Usulan produk akhir yang akan dibuat adalah konsep permainan berbasis virtual reality berjudul “SANKRIS” yang menggabungkan penggunaan keris ke dalam koreografi Pencak Silat Keris. Konsep ini akan disusun dalam bentuk art book dan video demonstrasi permainan yang berisi gambaran visual, game mechanics dan 3D art asset senjata yang dapat digunakan oleh developer. Elemen desain di dalam permainan akan mengimplementasi unsur budaya Indonesia dan akan ditargetkan untuk pengguna pria dengan rentang umur 20 – 25 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Art asset dan video demonstrasi permainan “SANKRIS” yang diusulkan sebagai solusi diharapkan dapat menjadi arahan bagi developer yang ingin mengembangkan permainan berbasis virtual reality sebagai media pengenalan senjata tradisional di kalangan anak muda.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Senjata Tradisional, Keris, Virtual Reality Game |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Luh Aninda Ratna Dewi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:10 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6323 |
Actions (login required)
View Item |