Perancangan Konsep Permainan Berbasis Virtual Reality “SANKRIS” Sebagai Media Pengenalan Keris Nusantara

Dewi, Luh Aninda Ratna (2023) Perancangan Konsep Permainan Berbasis Virtual Reality “SANKRIS” Sebagai Media Pengenalan Keris Nusantara. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (569kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (986kB)

Abstract

Keris adalah senjata tikam yang sudah ada sejak zaman dahulu dan telah mengalami perubahan fungsi. Keris telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia dari Bangsa Indonesia (World Heritage of Humanity) pada November tahun 2005 silam. Walaupun telah diakui oleh UNESCO, popularitas keris di kalangan anak muda masih sangat minim karena eksistensinya mulai tergerus akibat efek modernisasi. Oleh karena itu, berdasarkan masalah yang terdapat di masyarakat, perancangan konsep permainan interaksi virtual reality untuk pengenalan keris kepada anak muda diusulkan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan. Usulan produk akhir yang akan dibuat adalah konsep permainan berbasis virtual reality berjudul “SANKRIS” yang menggabungkan penggunaan keris ke dalam koreografi Pencak Silat Keris. Konsep ini akan disusun dalam bentuk art book dan video demonstrasi permainan yang berisi gambaran visual, game mechanics dan 3D art asset senjata yang dapat digunakan oleh developer. Elemen desain di dalam permainan akan mengimplementasi unsur budaya Indonesia dan akan ditargetkan untuk pengguna pria dengan rentang umur 20 – 25 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Art asset dan video demonstrasi permainan “SANKRIS” yang diusulkan sebagai solusi diharapkan dapat menjadi arahan bagi developer yang ingin mengembangkan permainan berbasis virtual reality sebagai media pengenalan senjata tradisional di kalangan anak muda.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Senjata Tradisional, Keris, Virtual Reality Game
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Luh Aninda Ratna Dewi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:10
Last Modified: 17 Jul 2023 02:10
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6323

Actions (login required)

View Item View Item