Optimasi Site Layout Asphalt Mixing Plant Menggunakan Multi-Objectives Function (Studi Kasus: PT. Jaya Konstruksi Manggala, Jakarta Timur)

Firdaus, Ratna Salsabila (2023) Optimasi Site Layout Asphalt Mixing Plant Menggunakan Multi-Objectives Function (Studi Kasus: PT. Jaya Konstruksi Manggala, Jakarta Timur). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (366kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (74kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (76kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (267kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (973kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Optimasi site layout adalah suatu tahapan dalam perencanaan fasilitas pendukung proyek yang bertujuan untuk mendapatkan tata letak yang efisien dan efektif. Site layout yang akan di optimasi ini menggunakan metode Multi Objectives Function dengan mencari nilai minimum pada perhitungan Traveling Distance (TD) dan Savety Index (SI). Peneliti memilih studi kasus pada AMP PT. Jaya Konstruksi Manggala untuk mengidentifikasi site layout yang sedang berjalan, serta mengoptimasi dan menentukansite layout paling optimum. Pemindahan site layout dasar menghasilkan 2 alternatif berbeda dengan hasil TD paling minimum adalah alternatif 1 sebesar 85082 m dengan penurunan 2,19% dari alternatif dasar, sedangkan hasil SI paling minimum adalah alternatif 2 sebesar 2814,85 m dengan penuruan sebesar 2,60%. Oleh karena itu, penentuan site layout optimal perlu dilakukan dengan perbandingan persentase pada nilai travelling distance dan safety index. Persentase didapatkan dari wawancara secara langsung dengan pihak K3 AMP PT. Jaya Konstruksi Manggala dengan tingkat persentase pada travelling distance sebesar 50% dan safety index sebesar 50%. Dari hasil perhitungan pada persentase tersebut, didapatkan hasil bahwa site layout AMP PT. Jaya Konstruksi Manggala yang paling optimal berdasarkan nilai perhitungan paling minimum yaitu layout alternatif 1 dengan nilai sebesar 44001,57 m.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Site Layout, Travelling Distance, Safety Index
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Ratna Salsabila Firdaus
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:05
Last Modified: 20 Jul 2023 02:05
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item