Perancangan Game "Si Pitung" untuk Kalangan Remaja

Raharjo, Bagas Pratama (2024) Perancangan Game "Si Pitung" untuk Kalangan Remaja. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Lampiran - Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SPT-I-03-PERPUS-POB-02-F-06 Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa_page-0001.pdf

Download (478kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk merancang sebuah game interaktif berjudul "Legenda Si Pitung" sebagai upaya untuk meningkatkan minat cerita rakyat Indonesia di kalangan remaja. Penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa minat remaja modern saat ini terhadap cerita rakyat mulai menurun akibat pengaruh tren media modern. Dengan mengintegrasikan elemen hiburan digital dan pendidikan, penelitian ini menerapkan metode pengembangan permainan digital untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan edukatif bagi pemain. Desain game "Si Pitung" mempertimbangkan elemen-elemen seperti mekanika permainan, narasi, karakter, dan grafis untuk menciptakan pengalaman bermain yang menarik. Selain itu, penelitian ini mempertimbangkan faktor-faktor psikologis dan preferensi remaja untuk mengoptimalkan daya tarik permainan. Temuan ini berpotensi memberikan kontribusi pada pengembangan game edukatif yang dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap warisan budaya Indonesia dan memperkuat identitas budaya mereka. Tidak hanya itu, Penelitian ini memberikan panduan bagi pengembang, pendidik, dan peneliti yang tertarik dalam menggabungkan teknologi modern dengan nilai-nilai budaya tradisional.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interactive Game, The Pitung, Folklore Interests, Digital Entertainment, Teens, Education.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Bagas Pratama Raharjo
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:32
Last Modified: 01 Feb 2024 04:33
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/7637

Actions (login required)

View Item View Item