Analisis Data Marketplace dari Toko Online XYZ Menggunakan Metode K-Means Clustering

Khaerunisa, Nadita (2024) Analisis Data Marketplace dari Toko Online XYZ Menggunakan Metode K-Means Clustering. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (623kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (550kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (753kB)
[img] Text
Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis data penjualan Toko XYZ, sebuah toko online yang menjual produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Toko ini beroperasi di beberapa platform Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada, dengan kategori produk utama meliputi kecantikan, perawatan tubuh, dan perawatan ibu dan bayi. Dengan tujuan memperluas jaringan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, Toko XYZ mempertimbangkan untuk membuka cabang online store. Untuk mendukung keputusan tersebut, penelitian ini mengaplikasikan metode K�means Clustering Customer menggunakan alat analisis data Orange Data mining untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan data penjualan dari Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan data yang diambil dari akun penjualan Shopee Seller Center Toko XYZ selama dua bulan. Proses analisis data melibatkan Data Preprocessing, data transformation, dan penggunaan algoritma K-means Clustering. Hasil analisis menunjukkan pengelompokan pelanggan ke dalam tiga cluster: penjualan tertinggi, menengah, dan terendah. Penggunaan Orange Data mining memfasilitasi analisis data dengan efisien dan efektif, memberikan wawasan mendalam tentang demografi pelanggan, dan mendukung strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. Scatter Plot dan diagram batang membantu visualisasi dan interpretasi hasil Clustering, menunjukkan bahwa Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bogor, memiliki tingkat penjualan tertinggi.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi
Depositing User: Nadita Khaerunisa
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:27
Last Modified: 05 Jul 2024 06:31
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/8626

Actions (login required)

View Item View Item