Pengaruh Emotional Intelligence terhadap Work Engagement Guru Sekolah Dasar Negeri

Ardani, Dafa Rizik (2024) Pengaruh Emotional Intelligence terhadap Work Engagement Guru Sekolah Dasar Negeri. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (591kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (66kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (67kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (63kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (88kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (90kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (115kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (179kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (973kB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (287kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini dibuat berdasarkan fenomena work engagement yang terjadi pada guru sekolah dasar negeri yang memperlihatkan permasalahan keterlibatan guru dalam mengajar siswa sekolah dasar, serta permasalahan guru dalam mengelola emosinya saat mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh emotional intelligence terhadap work engagement guru sekokah dasar negeri. Subjek penelitian ini berjumlah 336 guru sekolah dasar yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri. Alat ukur yang digunakan untuk melihat emotional intelligence adalah Trait Emotional Intelligence Questionnaire (TEIQue)-Short Form versi Indonesia oleh Febriana dan Fajrianthi (2021) dan untuk melihat work engagement menggunakan alat ukur Utrecht Work Engagement Scale (UWES) 17 versi Indonesia oleh (Sidharta, 2018). Berdasarkan uji asumsi didapatkan hasil data yang tidak normal, sehingga peneliti menggunakan uji hipotesis dengan regresi logistik dan hasilnya terdapat pengaruh positif yang siginifikan antara emotional intelligence terhadap work engagement guru sekolah dasar negeri. Hasil tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi emotional intelligence, maka semakin tinggi juga work engagement pada guru sekolah dasar negeri.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emotional Intelligence, Work Engagement, Guru SD Negeri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Dafa Rizik Ardani
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:15
Last Modified: 17 Jul 2024 06:16
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/8905

Actions (login required)

View Item View Item