Perancangan Visual Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Pameran Karya Seni

Zakaria, Rizcky (2024) Perancangan Visual Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Pameran Karya Seni. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (495kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (568kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (684kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (372kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (348kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (353kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (446kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (482kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (313kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (338kB)

Abstract

Mengunjungi pameran karya seni merupakan aktivitas yang dilakukan oleh berbagai macam kalangan mulai dari muda hingga tua, salah satu keseruan yang bisa didapat dari aktivitas ini adalah memahami pesan dan makna yang ingin disampaikan oleh para seniman dalam setiap karya yang dipamerkan. Tentunya memahami sebuah karya seni merupakan hal yang tidak mudah oleh karena itu di pameran karya seni biasanya ada seorang pemandu tur yang memandu pengunjung dan membantu untuk memahami sebuah karya seni, tapi tidak semua orang bisa medapatkan akses untuk berkunjung bersama pemandu tur sebuah pameran. Masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu pengunjung untuk mengakses informasi tambahan pada pameran karya seni melalui perangkat seluler pribadi dan juga mencari tau minat pengunjung dalam menggunakan teknologi AR untuk mengeksplorasi pameran karya seni. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi ke pameran seni “Dekalcer” dan “ART JAKARTA” dan melakukan survey kuisioner beserta dengan wawancara kepada 10 peserta untuk mengetahui minat penggunaan aplikasi AR.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pameran Karya Seni, Smartphone
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Rizcky Zakaria
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:15
Last Modified: 23 Jul 2024 02:16
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9111

Actions (login required)

View Item View Item