Leica Syaharani, Ajeng (2024) Pengemasan Pesan Edukasi Foodwaste dan Foodloss di Instagram Indonesia dan Amerika Serikat (Analisis Isi Kualitatif pada Akun @GardaPangan dan @TooGoodToGo Periode Januari-Desember 2023). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
Pendahuluan .pdf Download (2MB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (274kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (263kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (293kB) |
|
Text
Daftar Gambar.pdf Download (252kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (273kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (309kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (311kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) |
|
Text
SPT-I-03-PERPUS-POB-02-F-06 Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf Download (272kB) |
|
Text
2020041080-Ajeng Leica Syaharani-Skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengemasan pesan terkait food waste dan food loss pada akun instagram @Gardapangan Indonesia dan @TooGoodToGo di Amerika Serikat selama periode Januari hingga Desember 2023. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan metode analisis isi. Berdasarkan kategori pengemasan pesan yang meliputi rekuensi unggahan, jenis pesan (one-sided atau two-sided), urutan penyajian, daya tarik pesan (motivational, emotional, reward, humor, fear/threat appeals), dan bentuk pesan (informatif atau persuasif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa @Gardapangan dan @TooGoodToGo masing-masing mengunggah 39 konten sepanjang tahun, dengan variasi frekuensi unggahan bulanan yang dipengaruhi oleh kampanye atau perayaan tertentu. Penelitian ini menemukan bahwa @Gardapangan dan @Toogoodtogo lebih banyak menggunakan pesan satu sisi (one sided) dengan urutan penyajian pesan anti-climax, di mana informasi penting disajikan di awal untuk menarik perhatian audiens. Daya Tarik pesan yang paling sering digunakan adalah jenis motivational appeals yang dirancang untuk membangkitkan respons psikologis dan mendorong audiens untuk mengambil tindakan positif, sedangkan bentuk pesan yang dominan adalah informatif, diikuti oleh persuasif.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ajeng Leica Syaharani |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:25 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:26 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9150 |
Actions (login required)
View Item |