Prayuda, Marius Prima (2024) Strategi Manajemen Impresi Calon Presiden pada Pemilihan Presiden 2024 di Instagram (Analisis Isi Impression Management Konten reels dan carousel Pada Akun Instagram @aniesbaswedan, @prabowo, dan @ganjar_pranowo pada 19 Oktober 2023-14 Februari 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (786kB) |
|
Text
3. Abstract.pdf Download (217kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (217kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (217kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (310kB) |
|
Text
6. Daftar Tabel.pdf Download (210kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (185kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (341kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (431kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (259kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (23MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (124kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (16MB) |
|
Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (289kB) |
|
Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kontestasi pemilihan presiden 2024 diikuti oleh tiga kandidat calon presiden yang resmi telah ditetapkan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Setiap kandidat calon presiden berusaha membangun kesan diri melalui media sosial salah satunya Instagram. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi manajemen impresi calon presiden melalui unggahan reels dan carousel dalam akun Instagram @aniesbaswedan, @prabowo, dan @ganjar_pranowo menjelang pemilihan presiden 2024. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivisme, pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi, dan unit analisis tematik. Konsep utama dalam penelitian adalah Manajemen Impresi dari Jones & Pittman dengan kategori integration, self-promotion, exemplification, intimidation, dan supplification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing akun Instagram calon presiden 2024 menggunakan tiga bentuk strategi manajemen kesan yaitu integration, self-promotion, dan exemplification. Bentuk strategi manajemen impresi yang dominan digunakan adalah integrations dengan persentase yang berbeda pada setiap akun Instagram calon presiden. Tiga strategi yang konsisten digunakan ketiga calon presiden relevan dengan konsep front stage dalam teori Dramaturgi dari Erving Goffman, yakni bahwa citra yang ditampilkan sudah diatur sedemikian rupa untuk membangun kesan tertentu dimata publik. Ketiga strategi yang ditemukan membangun citra positif sesuai dengan karakteristik masing-masing calon presiden. Dalam penelitian tidak ditemukan strategi intimidation dan supplification karena akan menimbulkan kesan negatif.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Impresi, Dramaturgi, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Marius Prima Prayuda |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 09:46 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 09:48 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9233 |
Actions (login required)
View Item |