Strategi Komunikasi Good News From Indonesia (GNFI) dalam Membangun Brand Image Indonesia (Studi Deskriptif pada Media Sosial Instagram @gnfi)

Khaylilla, Tiara (2024) Strategi Komunikasi Good News From Indonesia (GNFI) dalam Membangun Brand Image Indonesia (Studi Deskriptif pada Media Sosial Instagram @gnfi). Undergraduate thesis, Universtitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (99kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (140kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (133kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (598kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh GNFI untuk membangun brand image Indonesia melalui media sosial Instagram. Strategi komunikasi melalui media alternatif menyajikan konten yang menginspirasi dan memberikan dampak positif menyajikan informasi sesuai dengan kanal komunikasi tersebut. Good News From Indonesia (GNFI) merupakan sebuah media yang menawarkan perspektif yang optimis. Strategi komunikasi SOSTAC (situation analysis, objective, strategy, tactics, aciton, control) merupakan konsep utama dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian membuktikan bahwa GNFI menerapkan tahapan-tahapan strategi komunikasi mulai dari melakukan analisis situasi yang terjadi, menetapkan tujuan, menyusun strategi, menentukan langkah-langkah strategi, melakukan tindakan yang telah direncanakan, dan melakukan evaluasi yang dilakukan oleh masing-masing divisi kerja, serta mengoptimalkan misi sebagai media yang memberikan informasi positif dengan tujuan untuk mengembalikan rasa optimisme masyarakat terhadap Indonesia. Tahapan ini berhasil membuat GNFI dikenal dan dipercaya oleh pengikutnya karena informasi yang diberikan mendukung Indonesia menjadi lebih baik. Penelitian berikutnya diharapkan dapat menggunakan brand image menggunakan metode kuantitatif serta bagi media informasi lainnya dapat memanfaatkan format reels dalam mengemas berita di media sosial.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, SOSTAC, media alternatif, Instagram, GNFI.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tiara Khaylilla
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:26
Last Modified: 24 Jul 2024 02:28
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9242

Actions (login required)

View Item View Item