Pembingkaian Pemberitaan Pengangkatan Selebritas sebagai Pejabat Pemerintah di Media Daring (Analisis Framing Pan & Kosicki pada Pemberitaan Kompas.com dan Tempo.co Periode Oktober 2024 – Maret 2025)

Maulida, Ira Azizah (2025) Pembingkaian Pemberitaan Pengangkatan Selebritas sebagai Pejabat Pemerintah di Media Daring (Analisis Framing Pan & Kosicki pada Pemberitaan Kompas.com dan Tempo.co Periode Oktober 2024 – Maret 2025). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (241kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (237kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (705kB)
[img] Text
15. BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
16. BUKTI LOLOS SIMILARITY.pdf

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media daring membingkai isu pengangkatan selebritas sebagai pejabat pemerintah pada awal pemerintahan Presiden Prabowo Oktober 2024 hingga Maret 2025. Fenomena ini menuai sorotan karena melibatkan figur hiburan dalam jabatan strategis, memicu debat mengenai kapabilitas, popularitas, dan kepentingan politik. Penelitian ini memilih dua media daring nasional, Kompas.com dan Tempo.co, sebagai objek kajian karena keduanya memiliki karakteristik redaksional yang kontras yakni Kompas.com cenderung netral dan faktual, sementara Tempo.co dikenal kritis. Penelitian sebanyak 20 artikel dipilih berdasarkan relevansi tema dan waktu publikasi, masing-masing 10 dari Kompas.com dan Tempo.co, yang dianalisis menggunakan model analisis framing Pan & Kosicki. model framing Pan & Kosicki yang mencakup sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Pendekatan penelitian bersifat kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, menekankan realitas sebagai konstruksi sosial media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com menyajikan sudut pandang yang menekankan kontribusi, profesionalitas, dan penyesuaian tokoh publik terhadap posisi yang diberikan sedangkan Tempo.co memfokuskan pembingkaian pada respons publik dan pandangan kritis terhadap kebijakan tersebut. Perbedaan framing ini menunjukan peran signifikan media dalam membentuk persepsi publik terhadap isu-isu strategis dalam pemerintahan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Framing Pemberitaan, Pendekatan Pan & Kosicki, Selebritas, Pejabat Pemerintah, Kompas.com, Tempo.co.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ira Azizah Maulida
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:20
Last Modified: 24 Jul 2025 01:22
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item