Gibran, Papo Khalil Al (2025) Perancangan Produk Pencarian Rute dengan Fitur Asisten Virtual berbasis UI/UX untuk dengan Studi Kasus Bus Transjakarta. Undergraduate thesis, Universitas Pemmbangunan Jaya.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (368kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini membahas pengembangan produk berbasis teknologi asisten virtual untuk mengoptimalkan pencarian rute di halte bus Transjakarta. Jakarta menghadapi tantangan transportasi seperti kemacetan dan keterbatasan infrastruktur, meski jumlah pengguna Transjakarta telah mencapai 1,3 juta per hari pada tahun 2023. Dengan memanfaatkan teknologi User Interface (UI) dan User Experience (UX), produk ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi perjalanan, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan kepuasan pengguna. Metode penelitian melibatkan observasi naturalistik terhadap aktivitas pengguna di halte bus, seperti antrean, naik-turun bus, dan kesulitan memahami rute, serta wawancara acak untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengguna sering bingung dengan rute dan jadwal operasional, terutama lansia dan penyandang disabilitas. Sebagai solusi, dirancang asisten virtual yang mampu menyediakan informasi rute real-time, jadwal bus, estimasi waktu perjalanan, serta integrasi dengan moda transportasi lain seperti MRT dan KRL. Produk ini dilengkapi dengan fitur ramah disabilitas, seperti suara dan huruf braille. Implementasi teknologi ini diharapkan tidak hanya mengatasi tantangan transportasi, tetapi juga menciptakan fondasi untuk pengembangan sistem transportasi yang lebih inklusif dan efisien di masa depan. Inovasi ini menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi masyarakat urban.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asisten Virtual, Transportasi Publik, Pencarian Rute, Mobilitas Urban, Transjakarta |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NE Print media N Fine Arts > NX Arts in general T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Produk |
Depositing User: | Papo Khalil Al Gibran |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:12 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:14 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |