Tarihoran, Hazael Haito Matthew (2025) Perancangan UI/UX Permainan "Parsahala" Budaya Batak untuk Usia 12-16. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (953kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (730kB) |
Abstract
Indonesia memiliki keragaman budaya yang berasal dari berbagai daerah. Salah satu budaya yang berasal dari Pulau Sumatera adalah budaya Batak. Budaya Batak memiliki banyak unsur budaya, seperti kain ulos yang menjadi ciri khas budaya tersebut. Budaya Batak juga memiliki berbagai kekhasan seperti tari Tor-Tor, dan alat musik taganing. Seiring perkembangan zaman dan masuknya era globalisasi, banyak remaja yang lebih memilih budaya asing. Situasi ini terjadi karena mudahnya akses media melalui internet. Penulisan ini bertujuan untuk membahas perancangan UI/UX video game yang memberikan kesadaran tentang budaya Batak kepada remaja. Video game ini diimplementasikan dengan visual yang mengandung unsur budaya Batak, baik pada UI game, karakter, maupun latar belakang. Genre perancangan UI/UX video game ini menggunakan 2D fighting. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penulisan dikumpulkan melalui observasi, studi literatur, dan wawancara. Prinsip design thinking digunakan sebagai dasar teori. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat membuat remaja mengenal budaya Batak dan pentingnya melestarikan budaya.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya, batak, ui/ux, video game, remaja |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Hazael Haito Matthew Tarihoran |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:22 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |