Puteri, Nailah Cahaya (2025) Perancangan Buku Ilustrasi “1 2 3 byurr!” Untuk Anak Usia 4-6 Tahun sebagai Pencegahan Takut Berenang. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (646kB) |
Abstract
Tenggelam merupakan salah satu penyebab utama kematian anak di dunia menurut data World Health Organization. Ketakutan anak terhadap aktivitas berenang sering muncul karena kurangnya pengalaman sensorik positif, imajinasi yang kuat, pengalaman traumatis, hingga pola asuh yang terlalu protektif. Seorang anak di usia 4-6 tahun berada dalam fase perkembangan penting yang melibatkan perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial anak. Rasa keingintahuan yang tinggi akan merasa dunia ini menakutkan akan hal yang tidak diketahuinya. Sayangnya, ketersediaan buku ilustrasi anak berbahasa Indonesia yang membahas ketakutan terhadap aktivitas berenang sangat terbatas. Perancangan berbasis visual storytelling sebagai media edukatif bertujuan membantu anak usia 4-6 tahun mengenal dan menyukai aktivitas berenang secara positif, membangun keberanian, dan mengurangi rasa takut terhadap air serta interaktif dengan bimbingan orang tua. Metode visual storytelling digunakan karena efektivitas penyampaian pesan emosional dan naratif melalui ilustrasi yang kuat, dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang lebih responsif terhadap stimulasi visual. Merancang berdasarkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan kekhawatiran anak serta masukan dari psikologi usia dini. Buku ini diharapkan tidak hanya menjadi sarana pembelajaran yang positif, komunikatif, dan relevan secara psikologis membantu anak mengatasi rasa takut, tetapi juga mendorong keterlibatan orang tua dalam mengenalkan aktivitas berenang sebagai pengalaman yang aman dan menyenangkan. Perancangan ini juga bertujuan untuk mengisi kekosongan literasi visual lokal dengan tema spesifik yang relevan bagi anak-anak Indonesia.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Ilustrasi Anak, Ketakutan Berenang, Anak Usia Dini, Media Edukatif Visual. |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Nailah Cahaya Puteri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 10:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 10:49 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |