Zamnir, Elya Tirta (2025) Perancangan Aplikasi UI/UX Tabung Sampah untuk Meningkatkan Partisipasi Warga Tangerang Selatan dalam Tata Kelola Sampah. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Daftar Daftar Tabel.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (650kB) |
Abstract
Masalah sampah di Indonesia memberikan dampak negatif signifikan terhadap lingkungan, kesehatan, dan kualitas hidup masyarakat, dengan total 33 juta ton sampah dihasilkan setiap tahun. Kota Tangerang Selatan sendiri menyumbang sekitar 1,022.65 ton sampah per hari, sedangkan kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) masih sangat terbatas. Kurangnya kesadaran masyarakat dan lemahnya sistem pengelolaan sampah menjadi kendala utama dalam upaya penanganannya. Tabung Sampah adalah program kolaboratif dari beberapa institusi yang berfokus pada tata kelola sampah berkelanjutan. Untuk mendukung program ini, dikembangkan aplikasi Tabung Sampah sebagai solusi digital yang memfasilitasi edukasi, pengumpulan, pemilahan, serta pendistribusian sampah secara efisien. Aplikasi ini dirancang untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga yang mencemari lingkungan sekaligus memberikan nilai ekonomi. Fitur utama aplikasi difokuskan pada kebutuhan pengguna, mencakup layanan kelola sampah, jadwal penjemputan, laporan kontribusi lingkungan secara real-time, serta daftar konversi jenis sampah ke dalam nominal ekonomi. Pengguna juga dapat memanfaatkan gamifikasi melalui pengumpulan poin berdasarkan kontribusi mereka, yang dapat ditukarkan dengan hadiah atau insentif. Aplikasi ini menyediakan artikel dan edukasi seputar pengelolaan sampah dan manfaat penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD), yang terdiri dari empat tahap utama yaitu, memahami konteks penggunaan, analisis Kebutuhan Pengguna, merancang solusi desain, dan evaluasi desain. Dengan pendekatan ini, solusi yang dihasilkan diharapkan dapat selaras dengan kebutuhan pengguna, meningkatkan partisipasi, mendorong tindakan berkelanjutan, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan sampah, Bank Sampah, Aplikasi, Gamifikasi, UI/UX |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Elya Tirta Zamnir |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:57 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |