ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN

Dhamayanti, Anisa (2021) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (251kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (252kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada pemaknaan khalayak terhadap isi pesan pada iklan Sasa “Welcome Back Micin Swag Generation”. Bagaimana khalayak memaknai isi pesan yang ada pada iklan Sasa “Welcome Back Micin Swag Generation”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan dalam diri khalayak terhadap isi pesan Sasa dalam iklan “Welcome Back Micin Swag Generation”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis resepsi Stuart Hall yaitu peneliti berfokus pada makna dan pengalaman audiens dalam melihat tayangan iklan Sasa. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam dengan 3 informan. Wawancara yang dilakukan oleh peneliti harus menghasilkan jawaban yang konsisten dan nyata dengan acuan pedoman wawancara yang telah dibuat oleh peneliti. Ketiga informan merupakan generasi Z. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik pengujian data kepastian (confrimbility), dari hasil penelitian terdapat posisi pemaknaan yaitu negosiasi. Dalam posisi negosiasi ketiga informan berada di posisi negosiasi karena informan menolak pesan “kami generasi micin” untuk generasi milenial dengan alasan tertentu. Dapat disimpulkan bahwa iklan Sasa “Welcome Back Micin Swag Generation”, memberikan sebuah pesan dan merubah persepsi kepada masyarakat khususnya mengenai sebutan generasi micin. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti iklan Sasa tidak hanya berfokus pada pemaknaan pesan, bisa juga dari sisi gambar atau adegan dalam iklan. Saran praktis untuk para praktisi dapat melakukan proses pemaknaan kepada pesan secara mendalam dan tidak berfokus pada satu sumber informasi saja.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Gracia Tesalonika Putranti
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:11
Last Modified: 25 Jan 2022 04:11
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item