Feliani, Mifta Aulia (2022) Pemaknaan Pesan Edukasi Ibu & Anak Terhadap Video Cerita Covid-19 (Analisis Resepsi Pada Video Kumparan #CeritaAnak di YouTube). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (631kB) |
|
Text
2. Abstract.pdf Download (252kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (252kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (356kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (341kB) |
|
Text
6. Daftar Tabel.pdf Download (346kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (250kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (585kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (713kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (286kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (807kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (198kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada penelitian ini mengangkat video cerita sebagai media sosialisasi untuk anak terkait Covid-19. Video ialah perekaman, penyimpanan, dan pengelolaan gambar diam sehingga terlihat seperti gambar bergerak. Dalam rangka penanganan Covid-19, video atau audio visual dapat dipilih sebagai salah satu cara dalam memberikan pesan edukasi melalui sosialisasi kepada masyarakat di masa pandemi. Adapun cara yang dapat dilakukan oleh media dan juga pemerintah ialah kampanye kesehatan. Dalam rangka penanganan Covid�19, video atau audio visual dapat dipilih sebagai salah satu cara mengedukasi sosialisasi kepada masyarakat di masa pandemi. Penggunaan media sosial seperti YouTube juga telah digunakan sebagai media promosi untuk mencegah penyebaran virus corona, hal ini pun dilakukan oleh Kumparan untuk memanfaatkan platform YoTube untuk mengedukasi masyarakat khususnya untuk anak-anak. Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui pemaknaan ibu & anak terhadap video cerita edukasi Covid-19 pada YouTube Kumparan #CeritaAnak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis resepsi. Berdasarkan hasil wawancara dengan keempat pasangan informan menghasilkan posisi pembaca yaitu ketiga informan berada dalam posisi dominant-hegemonic reading, artinya informan memaknai pesan yang disampikan di dalam video cerita #CeritaAnak untuk memberikan edukasi Covid-19 bagaimana cara-cara agar anak terhindar dari Covid-19. Sedangkan seorang informan berada dalam posisi negotiated reading, artinya penerima informan juga disesuaikan dengan kondisi sosial mereka, penerimaan tersebut bersifat fleksibel.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Ibu & Anak, Video Cerita, Resepsi |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Mifta Aulia Feliani |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 07:01 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 07:01 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2987 |
Actions (login required)
View Item |