Manajemen Identitas pada Fenomena Panjat Sosial Melalui Retweet di Kalangan Generasi Z

Soeyatno, Iftikareen Rayhane (2022) Manajemen Identitas pada Fenomena Panjat Sosial Melalui Retweet di Kalangan Generasi Z. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (439kB)
[img] Text
2. Abstract .pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (218kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (185kB)
[img] Text
6. Daftar Gambar.pdf

Download (185kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (187kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Generasi Z sebagai generasi yang lahir di tengah kultur digital sejak usia remaja sudah memiliki identitas ganda yakni identitas di dunia nyata dan identitas digital. Panjat sosial merupakan fenomena yang akrab pada Generasi Z di mana mereka aktif mengelola media sosial termasuk diantaranya Twitter. Melakukan retweet pesan yang tengah trending atau pesan seorang public figure tertentu kerap dilakukan terkait citra diri yang ingin dibangun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen identitas pada fenomena panjat sosial melalui retweet di kalangan Generasi Z di Jakarta. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan jenis penelitian kualitatif dan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian yang melibatkan empat informan menunjukkan bahwa motivasi utama Gen Z dalam melakukan aktifitas retweet secara konsisten adalah untuk personal branding. Pilihan pesan retweet dan public figure yang dipilih untuk diteruskan pesan-pesannya berkaitan erat dengan citra diri yang ingin dibangun. Terdapat tiga informan yang membangun identitas digital berbeda dari identitas asli, dengan alasan hal tersebut merupakan budaya cyber account di Twitter. Informan yang menggunakan identitas sama mendasari pilihan tersebut karena jenis informasi yang dikonsumsi tergolong formal. Penelitian berikutnya dapat berfokus pada pemanfaatan fitur twiiter oleh Generasi Z dan fenomena hiperrealitas.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Identitas, Panjat Sosial, Retweet, Twitter, Generasi Z, Budaya Digital, Citra Diri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Iftikareen Rayhane Soeyatno
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:23
Last Modified: 14 Jul 2022 09:23
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item