Soeyatno, Iftikareen Rayhane (2022) Manajemen Identitas pada Fenomena Panjat Sosial Melalui Retweet di Kalangan Generasi Z. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (439kB) |
|
Text
2. Abstract .pdf Download (218kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (218kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (196kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (185kB) |
|
Text
6. Daftar Gambar.pdf Download (185kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (187kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (403kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (337kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (568kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Generasi Z sebagai generasi yang lahir di tengah kultur digital sejak usia remaja sudah memiliki identitas ganda yakni identitas di dunia nyata dan identitas digital. Panjat sosial merupakan fenomena yang akrab pada Generasi Z di mana mereka aktif mengelola media sosial termasuk diantaranya Twitter. Melakukan retweet pesan yang tengah trending atau pesan seorang public figure tertentu kerap dilakukan terkait citra diri yang ingin dibangun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen identitas pada fenomena panjat sosial melalui retweet di kalangan Generasi Z di Jakarta. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan jenis penelitian kualitatif dan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian yang melibatkan empat informan menunjukkan bahwa motivasi utama Gen Z dalam melakukan aktifitas retweet secara konsisten adalah untuk personal branding. Pilihan pesan retweet dan public figure yang dipilih untuk diteruskan pesan-pesannya berkaitan erat dengan citra diri yang ingin dibangun. Terdapat tiga informan yang membangun identitas digital berbeda dari identitas asli, dengan alasan hal tersebut merupakan budaya cyber account di Twitter. Informan yang menggunakan identitas sama mendasari pilihan tersebut karena jenis informasi yang dikonsumsi tergolong formal. Penelitian berikutnya dapat berfokus pada pemanfaatan fitur twiiter oleh Generasi Z dan fenomena hiperrealitas.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Identitas, Panjat Sosial, Retweet, Twitter, Generasi Z, Budaya Digital, Citra Diri |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Iftikareen Rayhane Soeyatno |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 09:23 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 09:23 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3013 |
Actions (login required)
View Item |