PERBEDAAN IMPULSE BUYING PADA REMAJA DAN DEWASA AWAL DI DKI JAKARTA

Melia, Ikkiu (2020) PERBEDAAN IMPULSE BUYING PADA REMAJA DAN DEWASA AWAL DI DKI JAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan impulse buying pada remaja dan dewasa awal di Jakarta. Impulse buying merupakan tindakan pembelian yang terjadi ketika konsumen melakukan pembelian dengan sedikit pertimbangan dikarenakan adanya perasaan medesak secara tiba-tiba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 352 usia 14 - 40 tahun. Penelitian ini terbagi menjadi 2 (dua) kelompok usia yaitu remaja dengan rentang usia 14 - 19 tahun dan dewasa awal dengan rentang usia 20 - 40 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas subjek memiliki impulse buying cenderung rendah, hal ini didasarkan oleh skor empirik (X̅ = 32,81, SD = 5,67) mereka yang rendah dibandingkan skor teoritiknya (X̅ = 37,5, SD = 5,67). Bila dilihat secara terpisah remaja usia 14-19 tahun memiliki kecenderungan impulse buying yang lebih rendah, hal ini didasarkan oleh skor empirik remaja (X̅ = 32,76, SD = 6,30) sedangkan, dewasa awal usia 20-40 tahun memiliki skor emprik (X̅ = 33,05, SD = 5,23). Hasil analisa tambahan menunjukkan tidak ada perbedaan impulse buying pada laki-laki dan perempuan namun, terdapat perbedaan impulse buying pada laki-laki remaja dan laki-laki dewasa awal. Sedangkan, pada perempuan remaja dan dewasa awal tidak menunjukkan perbedaan impulse buying. Kata Kunci: Impulse buying, remaja, dewasa awal

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Mr Rafiq Ahmad
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:33
Last Modified: 12 Oct 2020 01:33
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item