Analisis Pengaruh Parkir on Street Terhadap Kinerja Lalu Lintas pada Ruas Jalan Pasar Serpong

Paraswati, Revinda Ika (2022) Analisis Pengaruh Parkir on Street Terhadap Kinerja Lalu Lintas pada Ruas Jalan Pasar Serpong. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan parkir seringkali terjadi karena ruang parkir tersebut memakan sebagian badan jalan atau biasa disebut dengan parkir badan jalan (on-street). Lebar jalan yang terpakai untuk berjualan atau parkir tentu membuat kinerja jalan menurun karena tidak mampu menampung arus lalu lintas pada kawasan tertentu. Salah satu ruas jalan yang terdapat parkir badan jalan adalah ruas jalan pada kawasan Pasar Serpong yang lokasinya terdapat kegiatan pasar, layanan publik transportasi (stasiun), pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh parkir on-street terhadap kinerja lalu lintas pada lokasi tersebut. Data primer yang diambil meliputi karakteristik parkir, volume lalu lintas, hambatan samping, dan kecepatan kendaraan. Perhitungan kinerja lalu lintas menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Berdasarkan hasil penelitian didapat volume parkir parkir tertinggi terjadi hari minggu dan indeks parkir tertinggi sebesar 3,82. Kepadatan tertinggi sebesar 149,89 km/jam dengan kecepatan terendah sebesar 13,33 km/jam. Hal ini berdampak pada kinerja jalan yaitu kapasitas berkurang karena lebar jalan terpakai, tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan Pasar Serpong saat terjadi parkir on street masuk dalam kategori E dengan derajat kejenuhan 0,95 pada hari minggu dan 0,91 pada hari selasa yang berarti volume lalu lintas mendekati pada kapasitas tidak stabil.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parkir On Street, Kinerja Lalu Lintas, Kinerja Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Revinda Ika Paraswati
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:49
Last Modified: 20 Jul 2022 06:49
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item