STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH MUDA (Studi Kasus Penggunaan Twitter oleh Ayo Vote pada Tahun 2013-2014)

Dini, Apriliana (2015) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH MUDA (Studi Kasus Penggunaan Twitter oleh Ayo Vote pada Tahun 2013-2014). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (72kB)

Abstract

Pemilih muda dalam kategori politik adalah masyarakat muda yang berusia 17-30 tahun. Orientasi politik pemilih muda ini selalu dinamis dan akan berubah-ubah mengikuti kondisi yang ada dan faktor –faktor yang mempengaruhinya. Termasuk juga yang terjadi pada penurunan tingkat partisipasi politik pemilih muda saat ini. Partisipasi politik yang rendah pada umumnya mengindikasikan bahwa rakyat kurang menaruh apresiasi atau minat terhadap masalah atau kegiatan kenegaraan. Rendahnya tingkat partisipasi politik rakyat direfleksikan dalam sikap golongan putih (golput) dalam pemilu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi komunikasi politik Ayo Vote melalui Twitter dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih muda. Penelitian ini adalah penelitian kualitaitif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi politik Ayo Vote dalam memahami khalayak, Ayo Vote menemukan bahwa sebagian besar pemilih muda apatis terhadap politik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor pendidikan, ekonomi, lingkungan sosial dan media sosial, sehingga penggunaan media sosial dirasa efektif untuk menjaring pemilih muda. Dalam penyusunan pesan-pesan komunikasi di Twitter, Ayo Vote menyesuaikan situasi dan kondisi pemilih muda dengan menggunakan metode redundancy (mengulang-ulang), canalizing (saluran dan kelompok tertentu), informative dan educative. Untuk pemilihan media sendiri Ayo Vote menggunakan keseluruhan media, baik online maupun offline. Namun yang menjadi media utama adalah Twitter. Dari strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh Ayo Vote di harapkan dapat menjadi acuan untuk organisasi politik lainnya dalam merumuskan serta membuat strategi yang nantinya akan di gunakan dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih muda Kata Kunci: strategi komunikasi politik, media sosial, twitter, Ayo Vote

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Rafiq Ahmad
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:36
Last Modified: 12 Oct 2020 01:36
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item