BRAND ACTIVATION DI BISNIS E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA LOCALBRAND.CO.ID)

Nesya, Dwiriyanti (2016) BRAND ACTIVATION DI BISNIS E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA LOCALBRAND.CO.ID). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
a) Halaman Judul Skrispi.pdf

Download (51kB)
[img] Text
e) Abstrak.pdf

Download (92kB)

Abstract

Perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia semakin berkembang. Hal tersebut membuat pembisnis melakukan berbagai cara untuk dapat tetap bersaing, salah satunya dengan melakukan brand activation. LocalBrand.co.id telah melakukan berbagai brand activation sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana LocalBrand.co.id melakukan brand activation. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan berbagai teori yang terkait yaitu: komunikasi pemasaran, brand (merek), brand activation, dan bisnis e-commerce. Fokus penelitian yang akan peneliti gunakan adalah konsep bentukbentuk brand activation. Peneliti akan menggunakan paradigma konstruktivisme sosial, dengan metode penelitian kualitatif studi kasus. Unit analisis yang peneliti teliti adalah perusahaan LocalBrand.co.id dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman dengan pengujian data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa LocalBrand.co.id melakukan brand activation yang terdiri dari direct marketing activation, social media activation, marketing event activation, promotion activation, dan sponsorship activation. Selain itu, peneliti menemukan bahwa terdapat aspek kognitif, afektif, dan konatif dalam activation yang dilakukan LocalBrand.co.id Berdasarkan seluruh hasil penelitian, bentuk brand activation yang paling aktif digunakan LocalBrand.co.id adalah social media activation, promotion activation, dan marketing event activation. Bisnis startup khususnya dibidang ecommerce sangat membutuhkan brand activation agar produknya dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Kata Kunci: e-commerce, brand, brand activation

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Cindy Ariesta
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:38
Last Modified: 12 Oct 2020 01:38
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item