Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar, Motivasi Belajardan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Topik PerkalianKelas IIA Sekolah XYZ Tangerang

Sinaga, Panondang B and Citraningtyas, Clara Evi (2022) Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar, Motivasi Belajardan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Topik PerkalianKelas IIA Sekolah XYZ Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 04 (04). pp. 2677-2683. ISSN 2685-936X

[img] Text
Artikel Tutor Sebaya.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text
Cover daftar isi dan artikel Tutor Sebaya.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Turnitin Tutor Sebaya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap kemandirian belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa kelas IIA Sekolah XYZ Tangerang pada pembelajaran Matematika topik perkalian dibandingkan dengan topik lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan tutor sebaya dalam meningkatkan sikap kemandirian, motivasi, dan hasil belajar Matematika topik perkalian. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IIA. Penelitian ini dilakukan di semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 di masa pandemik Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sikap kemandirian dan motivasi belajar diukur dengan menggunakan rubrik penilaian yang terdiri dari tiga indikator, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan rata-rata nilai kemandirian belajar yaitu pada siklus satu 68,82, siklus kedua 71.51, dan siklus ketiga menjadi 72,85. Peningkatan rata-rata nilai motivasi belajar yaitu pada siklus satu 61,02, siklus kedua 66,13, dan siklus ketiga menjadi 71,77. Peningkatan rata-rata nilai hasil belajar yaitu pada siklus satu 84,19, siklus kedua 87,42, dan siklus ketiga menjadi 94,52. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa tutor sebaya dapat meningkatkan sikap kemandirian, motivasi dan hasil belajar Matematika topik perkalian siswa kelas IIA Sekolah XYZ Tangerang.

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Matematika, Perkalian.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:22
Last Modified: 06 Mar 2023 01:45
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item