Rachmafaustina, Fellia (2023) Strategi Pengemasan Pesan Kampanye Media Sosial Twitter #Percaya dari Grab Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text (Pendahuluan)
1. Pendahuluan_compressed.pdf Download (592kB) |
|
Text (Abstract)
2. Abstract.pdf Download (235kB) |
|
Text (Abstrak)
3. Abstrak.pdf Download (148kB) |
|
Text (Daftar isi)
4. Daftar Isi.pdf Download (139kB) |
|
Text (Daftar Gambar)
5. Daftar Gambar.pdf Download (141kB) |
|
Text (Daftar Tabel)
6. Daftar Tabel.pdf Download (136kB) |
|
Text (Daftar Lampiran)
7. Daftar Lampiran.pdf Download (140kB) |
|
Text (Bab I)
8. Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab II)
9. Bab II.pdf Download (647kB) |
|
Text (Bab III)
10. Bab III.pdf Download (251kB) |
|
Text (Bab IV)
11. Bab IV.pdf Download (4MB) |
|
Text (Bab V)
12. Bab V.pdf Download (213kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
13. Daftar Pustaka.pdf - Bibliography Download (215kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengemasan pesan kampanye media sosial Twitter #Percaya dari Grab Indonesia. Kampanye media sosial Twitter #Percaya merupakan program komunikasi perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan relevansi Grab Indonesia dengan masyarakat, serta untuk mengapresiasi optimisme masyarakat Indonesia. Kampanye media sosial ini merupakan fasel awal kampanye yang bertujuan untuk membangun perbincangan melalui konteks “Modal #Percaya” serta memperbanyak penggunaan tagar #Percaya jelang peluncuran resmi kampanye #Percaya tahap 2 melalui pemanfaatan influencer marketing. Keberhasilan kampanye media sosial Twitter #Percaya dibuktikan melalui perolehan posisi Trending Topic. Yang menjadi pembeda kampanye media sosial Twitter #Percaya adalah pengemasan pesan dengan unsur humor dan hiburan tentang topik-topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat melalui format meme. Selain itu, pesan kampanye dikemas secara ubranded atau dengan tidak menyebutkan merek Grab Indonesia secara eksplisit. Pendekatan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara bersama informan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah Grab Indonesia mengutamakan daya tarik serta aspek-aspek penentu seperti aspek humor, interaksi, hiburan, customization, tren, relevan, dan word-of-mouth dalam menyusun isi pesan. Pengemasan pesan secara unbranded memiliki tujuan untuk menghindari terjadinya resistensi masyarakat untuk terlibat kedalam perbincangan mengenai konteks “Modal #Percaya”. Kata kunci: #Percaya, Strategi Pengemasan Pesan, Kampanye Media Sosial, Twitter, Key Opinion Leader (KOL), Pustaka : 29 Tahun Publikasi : 2013 - 2023
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | #Percaya, Strategi Pengemasan Pesan, Kampanye Media Sosial, Twitter, Key Opinion Leader (KOL), |
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Fellia Rachmafaustina |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:33 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6263 |
Actions (login required)
View Item |