Lubis, Ahliyatu Putri Ahmadyna (2023) Optimalisasi Kinerja Simpang Terhadap Pola Pergerakan Lalu Lintas dan Mikrosimulasi dengan Software PTV Vissim (Studi Kasus: Simpang South City). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (82kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (82kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (103kB) |
|
Text
Daftar Gambar.pdf Download (81kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (100kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (79kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tingginya arus lalu lintas yang melintasi Simpang South City menimbulkan berbagai pemasalahan lalu lintas yang menyebabkan terjadinya hambatan pada simpang yang disebabkan oleh berbagai faktor. Hal tersebut menimbulkan konflik lalu lintas karena persimpangan menjadi titik pertemuan kendaraan dari berbagai arah sehingga dapat terjadi tundaan dan antrian yang menyebabkan penurunan kapasitas simpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja Simpang South City dengan perhitungan yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997) dan mikrosimulasi menggunakan software PTV Vissim. Penelitian dilakukan pada simpang sebidang tak bersinyal yang berada di titik pertemuan antara Jalan Pondok Cabe Raya dengan Jalan South City Barat. Hasil penelitian diperoleh kapasitas simpang (C) sebesar 3812,025 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 1,886, tundaan simpang (D) sebesar 173,377 det/smp, dan Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) simpang termasuk dalam kategori F. Hasil perhitungan dan mikrosimulasi tersebut menggambarkan bahwa kinerja Simpang South City tidak optimal sehingga diperlukan pengaturan ulang untuk mengoptimalkan kinerja simpang. Setelah dilakukan pengaturan ulang simpang dengan perubahan geometrik simpang serta pemasangan APILL 2 fase, dapat diketahui kapasitas simpang (C) menjadi 8122 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) rata-rata sebesar 0,56, tundaan simpang (D) sebesar 9,9 det/smp, dan Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) simpang termasuk dalam kategori B. Pengaturan ulang simpang dengan perubahan geometrik simpang serta pemasangan APILL 2 fase menunjukkan kinerja simpang dapat bekerja secara optimal sehingga dapat mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi pada Simpang South City.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Lalu Lintas, Kinerja Simpang, Solusi Penanganan Simpang, PTV Vissim. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil |
Depositing User: | Ahliyatu Putri Ahmadyna Lubis |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:54 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6466 |
Actions (login required)
View Item |