Analisis Data PT Madonna Variakreasi pada Transaksi Marketplace dengan Menggunakan Metode Clustering Customer

Halim, Nadia (2023) Analisis Data PT Madonna Variakreasi pada Transaksi Marketplace dengan Menggunakan Metode Clustering Customer. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (276kB)

Abstract

ANALISIS DATA PT MADONNA VARIAKREASI PADA TRANSAKSI MARKETPLACE DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING CUSTOMER NADIA HALIM¹, Yunus Widjaja, S.Kom, M.M², Chaerul Anwar, S.Kom., M.T.I² ¹ Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Jaya ² Dosen Program Studi Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Jaya Tema penelitian ini diambil berdasarkan pengalaman selama Kerja Praktik (KP) pada tahun 2022, dan menemukan bahwa banyak sistem dari perusahaan yang dapat diubah menjadi sistem baru agar pekerjaan lebih efektif. Salah satunya adalah permasalahan mengenai analisis penjualan secara online yang saat ini masih dilakukan secara manual dengan menggunakan Ms Excel untuk pengolahan data. Maka dari itu, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah PT Madonna Variakreasi dalam menganalisis data transaksi pada marketplace Shopee sesuai dengan kebutuhan perusahaan (mengetahui presentasi penjualan disetiap wilayah) menggunakan data mining dengan metode clustering k-means pada aplikasi Orange Data Mining. Sehingga perusahaan dapat mengetahui pengelompokkan wilayah berdasarkan presentasi penjualannya. Hasil analisis ini nantinya dapat menjadi pertimbangan dalam merancang strategi bisnis yang dapat mengoptimalkan penjualan di setiap wilayah. Kata kunci: Data Mining, Clustering, K-means, Orange Data Mining, Analisis Pelanggan

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Clustering, K-means, Orange Data Mining, Analisis Pelanggan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi
Depositing User: Nadia Halim
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:58
Last Modified: 25 Jul 2023 03:58
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item