Penerapan Strategi Komunikasi Guru Pendamping dalam Proses Pengajaran di Kelas dengan Siswa ADHD (Studi Kasus di SMA School of Universe, Parung)

Naryakusuma, Anya Narawita (2023) Penerapan Strategi Komunikasi Guru Pendamping dalam Proses Pengajaran di Kelas dengan Siswa ADHD (Studi Kasus di SMA School of Universe, Parung). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (137kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN_merged.pdf

Download (1MB)

Abstract

School Of Universe merupakan salah satu sekolah yang mengusung kurikulum sekolah alam. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode laba-laba dimana siswa diwajibkan untuk terjun langsung ke lapangan dengan melihat, menyentuh atau merasakan terkait materi yang diberikan. Dalam praktiknya, School Of Universe mengenalkan anak kepada lingkungan sekitarnya lewat eksplorasi langsung, seperti meninjau kebun sayur, meninjau peternakan yang semuanya berada di area sekolah. Selain itu School of Universe juga mengembangkan pusat terapi dan konsultasi dalam hal pelayanan untuk siswa berkebutuhan khusus salah satunya ADHD. Siswa ADHD biasanya memiliki tiga jenis masalah utama yaitu: perilaku hiperaktif, perilaku impulsif, dan inatensi. Oleh karena itu School Of Universe membantu mengatasi dan mengurangi gejala hiperaktivitas yang dialami oleh siswa ADHD dengan cara peserta didik akan lebih sering belajar di ruang terbuka, karena sekolah alam menekankan praktik di lapangan daripada teori seperti sekolah konvensional. Dalam menjalankan proses belajar di dalam kelas, siswa ADHD didampingi oleh Guru Pendamping Khusus yang sudah ditentukan oleh sekolah. Untuk menciptakan proses pengajaran dengan baik, maka GPK harus memahami bagaimana strategi komunikasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi yang dilakukan oleh GPK dengan siswa ADHD. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan 5 GPK Hasil dari penelitian ini adalah kelima informan menerapkan ke 6 strategi komunikasi di keadaan yang berbeda-beda. Selain itu teknik redundancy dan informatif dinilai paling sering digunakan untuk membantu siswa ADHD memahami materi, sedangkan koersif dianggap teknik yang sulit diterapkan mengingat siswa ADHD memiliki tingkat emosi yang sulit ditebak

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Siswa Berkebutuhan Khusus, Guru Pendamping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Anya Narawita Naryakusuma
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:11
Last Modified: 24 Jul 2023 02:11
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item View Item