Perancangan Buku Interaktif Keseharianku untuk Terapi Anak-anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia 3-5 Tahun

Arif, Lutfi (2024) Perancangan Buku Interaktif Keseharianku untuk Terapi Anak-anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia 3-5 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Plagiarisme Perpustakaan UPJ.pdf

Download (686kB)

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas terapis visual sebagai metode pendidikan yang tepat untuk anak-anak autisme. Perancangan buku interaktif “Keseharianku” sebagai sarana dalam membantu proses belajar anak-anak autisme. Metode deskriptif kualitatif adalah metode yang di gunakan pada penelitian ini. Metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif (DQlab, 2022), dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan studi literatur. Pada proses perancangannya pendekatan desain komunikasi visual sangat diperlukan untuk mempertimbangkan elemen-elemen visual seperti tata letak, warna, ilustrasi dan penggunaan jenis huruf yang relevan dan memiliki daya atraktif dan menarik perhatian anak-anak sehingga memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan. Buku interaktif di pilih karena pembelajaran akan lebih efektif dan terserap dalam jangka waktu lama dan terbukti dapat melatih aktifitas motorik anak-anak dengan autisme (Wardhana & Anggapuspa, 2020). Rencana luaran dan tujuan pada penelitian ini adalah buku interaktif Keseharianku sebagai alat bantu terapis visual efektif bagi anak-anak dengan spektrum autisme untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kognitif yang ditargetkan untuk anak-anak usia 3-5 tahun dengan spektrum autis dan mengintegrasikan secara efektif konsep lift-the-flap dan Teknik participation ke dalam desain buku interaktif Keseharianku agar menciptakan antusiasme dan keterlibatan aktif anak-anak dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terapis visual, anak-anak, autisme, desain komunikasi visual, buku interaktif.
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Q Science > QP Physiology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
S Agriculture > S Agriculture (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Lutfi Arif
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:08
Last Modified: 16 Jul 2024 06:09
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item