Analisis Perencanaan Kebutuhan Park and Ride di Kawasan KIPP 1A Ibukota Nusantara (IKN)

Marsaleh, Amira Najla (2024) Analisis Perencanaan Kebutuhan Park and Ride di Kawasan KIPP 1A Ibukota Nusantara (IKN). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (561kB)

Abstract

Pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru Indonesia memerlukan perencanaan transportasi yang mendukung konsep “Zero Emission Energy” dengan KPI sebesar 80% Transportasi hijau dan 20% tranportasi pribadi. Salah satu aspek penting dalam perencanaan tersebut adalah ketersediaan fasilitas park and ride untuk dapat menampung para pengguna transportasi pribadi beralih ke transportasi umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan park and ride di KIPP 1A Ibukota Nusantara (IKN) meliputi kendaraan sepeda motor, mobil pribadi, dan bus, mengevaluasi kinerja satuan ruang parkir, dan merancang perencanaan park and ride yang efektif seperti perencanaan gedung parkir dan fasilitas penggunanya. Penelitian dilakukan dengan menghitung karakteristik parkir, mendesain SRP yang mengacu pada Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir tahun 1996 pada lahan seluas 10.000 m2. Hasil analisis karakteristik parkir menunjukkan kebutuhan parkir sebesar 997 SRP untuk mobil, 155 SRP untuk motor, dan kapasitas yang memadai untuk 40 SRP bus. Perencanaan gedung parkir 8 lantai dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, dengan total kapasitas 1034 SRP mobil dan 400 SRP motor. Desain layout parkir mengadopsi pola parkir pulau 90° untuk motor dan bus, serta pola parkir dua sisi 90° untuk mobil. Terdapat fasilitas tambahan seperti halte bus dan stand oleh-oleh sebagai daya tarik area park and ride.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ibukota Nusantara (IKN), Satuan Ruang Parkir, Gedung Parkir, Park and Ride
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Amira Najla Marsitekturaleh
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:09
Last Modified: 23 Jul 2024 08:10
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item