Efektivitas Pesan Tayangan Kampanye Politik Desak Anies Episode Semarang (Analisis Deskriptif Respon Pesan pada Subscriber)

Rahmadhona, Suci (2024) Efektivitas Pesan Tayangan Kampanye Politik Desak Anies Episode Semarang (Analisis Deskriptif Respon Pesan pada Subscriber). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (395kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (215kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (92kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (92kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (296kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (706kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (998kB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (279kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (644kB)

Abstract

Kampanye politik di era digital mengubah komunikasi antara kandidat dalam kontestasi dengan audiensoya. Anies Baswedan merupakan salah satu kandidat calon presiden yang memanfaatkan YouTube untuk berkampanye secaranlive streaming. Salah satu tayangan dengan penonton terbanyak adalah Desak Anies Episode Semarang. Penelitian bertujuan mengetahui efektifitas tayangan kampanye Desak Anies Episode Semarang. Penelitian menggunakan paradigma positivis, pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Konsep dalam penelitian antara lain isi pesan, sumber pesan dan eksekusi pesan dalam model Cognitive Response. Populasi penelitian adalah 1,06 juta subscriber channel YouTube Anies yang menonton Desak Anies Episode Semarang. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden berusia 21-25 tahun dari kota Depok dengan jenis kelamin perempuan dengan status pekerja. Tayangan dinilai efektif oleh subscriber dengan nilai mean sebesar 3,374 untuk dimensi isi pesan, 3,399 dimensi sumber pesan dan 3,423 dimensi eksekusi pesan. Pada dimensi pesan penilaian tertinggi didapati pada informasi program yang ditawarkan Anies sebesar 3,560. Dari hasil penelitian, dimensi tertinggi terdapat pada logo tayangan sebesar 3,511. Dapat disimpulkan bahwa isi pesan tayangan efektif karena lebih banyak supportif argument pada isi pesan. Sumber pesan efektit karena sosok Anies yang dinilai mampu menjadi source bolster. Eksekusi pesan efektif karena kreatifitas pembuat program dan kualitas audio visual yang menjadikan tayangan menarik.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Cognitive Respon, Kampanye Politik, Live Streaming, Desak Anies
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Suci Rahmadhona
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:21
Last Modified: 01 Aug 2024 07:23
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9409

Actions (login required)

View Item View Item