Pembingkaian Pemberitaan Isu Kenaikan Pajak Hiburan di Indonesia pada Media Online (Komparasi Framing Pan & Kosicki antara Media Bisnis.com dan Detik.com Periode 5 Januari – 31 Maret 2024)

Natasya, Aura (2024) Pembingkaian Pemberitaan Isu Kenaikan Pajak Hiburan di Indonesia pada Media Online (Komparasi Framing Pan & Kosicki antara Media Bisnis.com dan Detik.com Periode 5 Januari – 31 Maret 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Abstrack.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pembingkaian pemberitaan tentang isu kenaikan pajak hiburan di portal berita Bisnis.com dan Detik.com, untuk mengetahui bagaimana perbandingan pembingkaian berita pada kedua portal tersebut dalam rentang waktu 5 Januari – 31 Maret 2024. Salah satu informasi yang sedang hangat dibicarakan pada awal tahun 2024 ini adalah penetapan kebijakan baru yakni kenaikan pajak hiburan, isu ini bahkan menjadi headline news di kedua media online tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis framing model Zhongdhang Pan & Gerald M. Kosicki. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam pembingkaian pemberitaan terkait kenaikan pajak hiburan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media online Bisnis.com menyajikan informasi secara singkat, padat dan bersifat “netral” dalam memberitakan isu kenaikan pajak hiburan, serta tanggapan atau imbauan dari narasumber terkait. Di sisi lain Detik.com lebih bersifat “menentang” dalam membingkai berita isu kenaikan pajak hiburan dalam membuat headline atau judul, serta menekankan pernyataan narasumber yang menentang kebijakan kenaikan pajak hiburan tersebut. Hasil penelitian ini dapat berguna dalam mengenali bagaimana media dapat mempengaruhi persepsi dan jumlah pembaca pada media Bisnis.com dan Detik.com.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media online, Analisis framing model Zhongdhang Pan & Gerald M. Kosicki, Isu Kebijakan Kenaikan Pajak Hiburan
Subjects: J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aura Natasya
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:53
Last Modified: 31 Jul 2024 06:53
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9416

Actions (login required)

View Item View Item