Penerapan Sistem Tertanam pada Cargo Bike

Pratama Putra, Muhammad Luthfi (2025) Penerapan Sistem Tertanam pada Cargo Bike. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (74kB)
[img] Text
ORISINALITAS.pdf

Download (223kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (998kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI (1).pdf

Download (236kB)
[img] Text
BUKTI LOLOS SIMILARITY.pdf

Download (183kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul energy meter yang dapat diterapkan pada cargo bike berbasis sistem tertanam. Modul ini dirancang untuk memantau parameter energi secara langsung, termasuk arus (A), tegangan (V), kapasitas baterai (Ah), energi yang digunakan (Wh), dan waktu operasi (h). Proyek ini dilaksanakan di Spora EV, sebuah perusahaan yang bergerak dalam inovasi kendaraan listrik. Pengembangan modul mencakup berbagai tahapan, seperti perancangan algoritma, implementasi perangkat lunak, dan pengujian sistem. Algoritma dirancang untuk memproses data dari sensor arus dan tegangan. Dalam implementasi perangkat lunaknya, digunakan bahasa pemrograman C++ untuk mengintegrasikan perangkat keras seperti arduino nano, sensor arus, dan layar OLED. Pengujian dilakukan untuk memvalidasi akurasi pembacaan data dengan menggunakan dummy load serta panel surya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa modul energy meter dapat menghasilkan pembacaan parameter energi dengan tingkat kesalahan yang dapat diterima. Selama pengujian discharging, tegangan baterai turun dari 78,89 V menjadi 76,45 V di bawah beban yang stabil. Sebaliknya, pengujian charging menunjukkan peningkatan tegangan dari 76,05 V menjadi 79,70 V dengan efisiensi tinggi. Proyek ini memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung pengembangan teknologi kendaraan listrik. Modul yang dikembangkan dapat diintegrasikan dengan baik ke dalam cargo bike, sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: energy meter, cargo bike, kendaraan listrik, sistem tertanam, pengujian baterai.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Informatika
Depositing User: Muhammad Luthfi Pratama
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:23
Last Modified: 18 Jul 2025 02:25
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item