Identifikasi Pola Asosiasi Data pada Transaksi Penjualan Produk Seasonal menggunakan Algoritma Apriori

Mustopa, Muhammad Baihaqi (2025) Identifikasi Pola Asosiasi Data pada Transaksi Penjualan Produk Seasonal menggunakan Algoritma Apriori. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (130kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (288kB)
[img] Text
2019071053-M Baihaqi Mustopa-Similarity TA.pdf

Download (463kB)

Abstract

Produk musiman (seasonal) menghadapi beberapa kendala dalam pengadaan stok, terutama dalam menentukan jenis, merek, dan jumlah yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan permintaan masyarakat selama bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Pemastian bahwa produk tersebut dapat terjual dalam rentang waktu yang singkat menjadi tantangan tersendiri. Metode apriori digunakan untuk memperoleh gambaran asosiasi dan pola penjualan suatu produk. Algoritma apriori merupakan salah satu metode data mining yang digunakan untuk mengidentifikasi produk-produk yang sering terjual bersamaan dan menghasilkan aturan asosiasi dari kumpulan data transaksi. Algoritma ini bekerja dengan menganalisis transaksi secara iteratif berdasarkan ambang batas minimum support dan confidence. Penerapan algoritma apriori menghasilkan gambaran aturan belanja konsumen yang dapat dijadikan acuan dalam pengadaan stok produk musiman. Dengan demikian, metode ini dapat membantu dalam menghadapi lonjakan permintaan masyarakat selama periode tertentu.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Data, Data Mining, Metode Apriori, Transaksi Penjualan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Informatika
Depositing User: Muhammad Baihaqi Mustopa
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:18
Last Modified: 11 Feb 2025 04:18
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item View Item