Syarifudin, Anwar (2025) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BBM Jenis Pertamax di PT Pertamina (Persero) dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Masyarakat di SPBU Pertamina Tangerang Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstract.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Tabel.pdf Download (635kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (731kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (886kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (680kB) |
![]() |
Text
14. Lampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (779kB) |
![]() |
Text
16. Bukti Lolos Similarity.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan kepercayaan konsumen terhadap produk BBM jenis Pertamax yang disebabkan oleh dua isu besar, yaitu kasus korupsi di tubuh PT Pertamina (Persero) serta dugaan pengoplosan Pertamax yang viral pada awal tahun 2025. Kedua isu tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan konsumen dan berdampak pada menurunnya penjualan Pertamax di berbagai daerah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian BBM jenis Pertamax, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 130 responden yang yang pernah membeli Pertamax di SPBU wilayah Tangerang Selatan terhitung mulai dari bulan Maret 2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta secara tidak langsung melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Kepercayaan konsumen juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian maupun kepercayaan konsumen, baik secara langsung maupun melalui mediasi. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi peningkatan kualitas dan pembangunan kepercayaan sebagai faktor utama dalam mendorong keputusan pembelian Pertamax oleh konsumen.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Pertamax, PT Pertamina (Persero) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HJ Public Finance T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Anwar Syarifudin |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:14 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:17 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |