Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BBM Jenis Pertamax di PT Pertamina (Persero) dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Masyarakat di SPBU Pertamina Tangerang Selatan)

Syarifudin, Anwar (2025) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BBM Jenis Pertamax di PT Pertamina (Persero) dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Masyarakat di SPBU Pertamina Tangerang Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (612kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (529kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (533kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (634kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (635kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (731kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (886kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (727kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (680kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (779kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan kepercayaan konsumen terhadap produk BBM jenis Pertamax yang disebabkan oleh dua isu besar, yaitu kasus korupsi di tubuh PT Pertamina (Persero) serta dugaan pengoplosan Pertamax yang viral pada awal tahun 2025. Kedua isu tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan konsumen dan berdampak pada menurunnya penjualan Pertamax di berbagai daerah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian BBM jenis Pertamax, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 130 responden yang yang pernah membeli Pertamax di SPBU wilayah Tangerang Selatan terhitung mulai dari bulan Maret 2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta secara tidak langsung melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Kepercayaan konsumen juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian maupun kepercayaan konsumen, baik secara langsung maupun melalui mediasi. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi peningkatan kualitas dan pembangunan kepercayaan sebagai faktor utama dalam mendorong keputusan pembelian Pertamax oleh konsumen.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Pertamax, PT Pertamina (Persero)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HJ Public Finance
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Anwar Syarifudin
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:14
Last Modified: 17 Jul 2025 02:17
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item View Item