Kegiatan Kampanye Offline sebagai Sarana Edukasi untuk Membangun Pemahaman Publik (Kampanye #IngatNomorDarurat Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangerang Selatan)

Putri, Chinta Apriliani (2025) Kegiatan Kampanye Offline sebagai Sarana Edukasi untuk Membangun Pemahaman Publik (Kampanye #IngatNomorDarurat Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangerang Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (619kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (238kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (239kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (224kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (208kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (201kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (166kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (836kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (320kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (894kB)

Abstract

Kampanye #IngatNomorDarurat merupakan inisiatif edukatif yang bertujuan membangun pemahaman masyarakat mengenai pentingnya mengetahui dan menggunakan nomor darurat 112 dan 0811-9000-074 secara tepat, khususnya dalam situasi kebakaran dan penyelamatan. Rendahnya pemahaman masyarakat tentang layanan ini berpotensi menyebabkan keterlambatan laporan dan lambatnya respons petugas. Kampanye ini mengusung pendekatan komunikasi persuasif dalam bentuk kampanye offline, yang mencakup dua kegiatan utama, yaitu Anak Hebat Tanggap Bencana sebagai edukasi dan simulasi interaktif bagi anak usia dini, serta Misi Siaga Warga yang berfokus pada sosialisasi dan pembagian stiker serta flyer secara door-to-door kepada masyarakat. Selain itu, strategi media relations juga dilakukan untuk memperluas jangkauan informasi melalui distribusi press release ke berbagai media. Hasil kampanye menunjukkan bahwa pendekatan tatap muka efektif meningkatkan pemahaman masyarakat, anak-anak mampu mengingat nomor darurat lebih baik melalui media visual seperti gantungan kunci, serta respon positif dari warga terhadap distribusi stiker dan flyer di 165 rumah. Dari sisi publikasi, kampanye ini berhasil mendapatkan 19 pemberitaan media online tanpa biaya, membuktikan efektivitas strategi komunikasi yang dijalankan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Offline, Komunikasi Persuasif, Nomor Darurat, Pemadam Kebakaran, Membangun Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Chinta Apriliani Putri
Date Deposited: 22 Jul 2025 05:25
Last Modified: 22 Jul 2025 05:26
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

View Item View Item