Pengemasan Konten Bantuan Sosial di TikTok (Analisis Isi Kuantitatif Akun @Kemensosri Periode Januari-Desember 2024)

Hakim, Ikmal Luqmanul (2025) Pengemasan Konten Bantuan Sosial di TikTok (Analisis Isi Kuantitatif Akun @Kemensosri Periode Januari-Desember 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri (1).pdf

Download (217kB)
[img] Text
Hasil Uji Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengemasan konten bantuan sosial (bansos) pada akun TikTok milik Kementerian Sosial, @kemensosri, pada periode Januari–Desember 2024. Kemensos memanfaatkan TikTok untuk melakukan komunikasi publik, termasuk dalam pelaksanaan bansos sebagai program pemerintah. Pada era digital, komunikasi publik tidak hanya ditentukan oleh informasi yang disampaikan, tetapi juga oleh bagaimana informasi tersebut dikemas.. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kuantitatif untuk menghitung frekuensi tema konten, format konten, tipe konten, serta pendekatan pengemasan. Data dikumpulkan dari unggahan konten pada akun @kemensosri. Jumlah konten mengenai bansos pada akun tersebut sebanyak 167 konten. Temuan penelitian yakni, tema yang mendominasi adalah ATENSI dengan 59 unggahan (35,33%), konten news atau berita mendominasi dengan 73 unggahan (43,71%), video berdurasi panjang (61–121 detik) paling banyak digunakan, sebanyak 66 unggahan (39,52% dari total unggahan; 51,16% dari total video), pendekatan pengemasan didominasi oleh pendekatan hope (Harapan) dengan 109 unggahan (65,27%).

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengemasan Konten, Bantuan Sosial, TikTok, Analisis Isi Kuantitatif, Kementerian Sosial RI.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ikmal Luqmanul Hakim
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:05
Last Modified: 23 Jul 2025 09:13
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11467

Actions (login required)

View Item View Item