Pengemasan Konten Berita Instagram pada Media Berita dengan Pendekatan Jurnalisme Positif (Analisis Isi Kualitatif pada Konten Berita @olenkanews periode 1 Januari 2024 – 31 Januari 2025)

Wulandari, Yunika Putri (2025) Pengemasan Konten Berita Instagram pada Media Berita dengan Pendekatan Jurnalisme Positif (Analisis Isi Kualitatif pada Konten Berita @olenkanews periode 1 Januari 2024 – 31 Januari 2025). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (257kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BUKTI LOLOS SIMILARITY.pdf

Download (982kB)

Abstract

Media berita digital dengan warna jurnalisme positif mulai bermunculan di Indonesia, salah satu diantaranya Olenka News. Jurnalisme positif menekankan pada solusi, harapan, dan dampak konstruktif dari peristiwa. Instagram menjadi platform utama Olenka News dalam menyajikan konten berita. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengemasan konten berita dengan pendekatan jurnalisme positif pada Instagram @olenkanews. Penelitian menggunakan paradigma post-positivisme dan metode analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi konten berita @olenkanews 1 Januari 2024 hingga 31 Januari 2025. Kategori pengemasan berita menggunakan konsep tema berita, narasumber berita, jenis berita, nilai berita, dan nada berita. Hasil penelitian menunjukkan tema Inspirasi dan Pengembangan Diri serta Dialog Konstruktif dan Kohesi Sosial mendominasi, sejalan dengan prinsip jurnalisme positif secara umum, yaitu penceritaan berpusat pada manusia, inspiratif, dan interaktif. Seluruh konten berita berjenis soft news, yang bersifat ringan, sederhana, dan menghibur. Pada kategori sumber berita, kalangan ahli menjadi narasumber utama yang sejalan dengan tema berita dominan yang diangkat dalam konten. Nilai berita yang dominan adalah prominence yang juga berkorelasi dengan narasumber berita. Nada berita didominasi nada positif dan netral, tanpa konten negatif, sesuai ciri khas jurnalisme positif. Temuan lain dalam peneliatian ini, selama setahun hanya ada satu berita konflik, dan @olenkanews hanya menampilkan narasumber dari kalangan menengah keatas.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Online, Jurnalisme Positif, Berita Online, Olenka News, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yunika Putri Wulandari
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:33
Last Modified: 30 Jul 2025 02:33
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item View Item