Pengemasan Pesan City Branding pada Akun Instagram Pemerintah Kota Jakarta (Analisis Isi pada Akun @dkijakarta Periode Maret 2024 - Maret 2025)

Wahyu Ningsih, Kurniati (2025) Pengemasan Pesan City Branding pada Akun Instagram Pemerintah Kota Jakarta (Analisis Isi pada Akun @dkijakarta Periode Maret 2024 - Maret 2025). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (51kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (46kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (46kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (214kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (249kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (979kB)

Abstract

Jakarta merupakan kota metropolitan yang mengalami perubahan branding setelah tidak lagi menjadi ibu kota Indonesia sejak 15 februari 2024, membuat branding baru “Plus Jakarta” dengan slogan “A City of Collaboration”, yang menekankan nilai kolaboratif dan global. Perubahan ini membuat adanya keharusan membentuk ulang citra kota. Salah satunya melalui media komunikasi digital yaitu akun Instagram resmi @dkijakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengemasan pesan city branding dilakukan melalui akun @dkijakarta selama periode Maret 2024 – Maret 2025, menggunakan teori City Brand Hexagon dari Simon Anholt yang mencakup enam elemen yaitu presence, place, potential, pulse, people, dan prerequisite. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi serta paradigma post-positivisme. Unit analisis berupa 138 konten yang dipilih berdasarkan kriteria representasi pesan city branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengemasan pesan city branding akun @dkijakarta didominasi oleh tiga elemen utama yaitu prerequisite, presence, dan pulse. Melalui konten-konten yang menampilkan infrastruktur, gaya hidup urban, serta ajakan partisipatif, akun ini mampu merepresentasikan nilai-nilai kota kolaboratif. Selain itu, dengan menonjolkan capaian di bidang ekonomi, infrastruktur dan keberlanjutan, branding yang dibangun juga sejalan dengan visi Jakarta sebagai kota global. Meskipun masih dapat melakukan penguatan pada elemen seperti people dan interaksi dua arah, secara umum strategi city branding yang dilakukan sudah relevan. Dominasi konten prerequisite, presence, dan pulse menunjukkan strategi komunikasi Jakarta dalam membentuk citra kota kolaboratif dan global. Perubahan branding Jakarta terlihat dari pergantian fokus dari promosi pariwisata menjadi penguatan identitas kota yang kolaboratif, inklusif, dan mendorong partisipasi warga.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: City Branding, Pengemasan Pesan, Media sosial, Pemerintah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kurniati Wahyu Ningsih
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:56
Last Modified: 24 Jul 2025 08:58
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item View Item