Pengaruh E-Wom terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Smartphone Vivo di Tangerang Selatan

Farhan, Muhammad (2025) Pengaruh E-Wom terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Smartphone Vivo di Tangerang Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (806kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penggunaan media sosial dan meningkatnya aktivitas digital mendorong Electronic Word of Mouth (E-WOM) menjadi salah satu faktor penting dalam memengaruhi perilaku konsumen, khususnya dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian, baik secara langsung maupun melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi, pada konsumen smartphone Vivo di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 130 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta kepercayaan konsumen. Kepercayaan konsumen juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen secara signifikan memediasi pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-WOM yang kredibel dan relevan mampu membangun kepercayaan konsumen yang pada akhirnya mendorong keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengelola konten ulasan digital secara strategis untuk memperkuat kepercayaan dan meningkatkan konversi pembelian, terutama pada segmen pasar digital yang dinamis seperti pengguna smartphone.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-WOM, kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, smartphone, Vivo
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Muhammad Farhan
Date Deposited: 01 Aug 2025 10:00
Last Modified: 01 Aug 2025 10:01
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item