Moderasi Jenis Kelamin dan Usia pada Pengaruh Celebrity Worship dan Compulsive Buying Penggemar K-Pop

Pontoh, Jennifer Shalom (2025) Moderasi Jenis Kelamin dan Usia pada Pengaruh Celebrity Worship dan Compulsive Buying Penggemar K-Pop. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (666kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (243kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (184kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (329kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (170kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. BAB II .pdf

Download (413kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri (1).pdf

Download (425kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (755kB)

Abstract

Penyebaran budaya Korea atau yang biasa disebut dengan Korea Wave menjadi hal yang berhasil menyita banyak perhatian di berbagai negara. Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak Korea Wave khususnya untuk kategori K-Pop. Sayangnya, para penggemar yang ada di Indonesia tidak hanya sekedar menonton, membaca, mendengarkan, memperlajari serta mengikut perkembangan idolanya namun terlibat dalam proses pembelian merchandise idolanya dengan jumlah yang banyak secara berulang-ulang. Perilaku ini disebut dengan compulsive buying. Sebagai seorang yang menyukai K-Pop dan rela melakukan hal apapun termasuk mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak, maka individu-individu tersebut dapat dikatakan sudah tergolong dalam celebrity worship. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh yang terjadi. Selain itu peneliti juga memasukan usia dan jenis kelamin sebagai variabel moderasi. Pada penelitian ini melibatkan penggemar K-Pop remaja dan dewasa awal, serta menggunakan Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Compulsive Buying Scale (CBS) sebagai alat ukur. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia tidak memoderasi pengaruh celebrity worship terhadap compulsive buying. Sedangkan jenis kelamin memoderasi. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa seseorag yang memiliki celebrity worship yang tinggi maka akan memiliki compulsive buying tinggi.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Usia, Jenis Kelamin, Pemujaan Selebriti, Pembelian Kompulsif, Penggemar K-Pop
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Jennifer Shalom Pontoh
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:30
Last Modified: 28 Jul 2025 05:42
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11552

Actions (login required)

View Item View Item