Perancangan Buku Interaktif sebagai Terapi Okupasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Nawwaf, Bilbina Zelfa (2025) Perancangan Buku Interaktif sebagai Terapi Okupasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (932kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (743kB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (514kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus seringkali mengalami kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari, termasuk menjaga kebersihan dan kerapihan diri. Keterbatasan ini dapat diakibatkan oleh sejumlah faktor seperti hambatan fisik, emosional dan mental yang mempengaruhi kemampuan anak untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan akademik. Terapi okupasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu Anak Berkebutuhan Khusus mengatasi permasalahan tersebut. Anak berkebutuhan khusus dapat belajar untuk lebih mandiri dan disiplin dalam menjaga kebersihan diri mereka. Penulis merancang buku interaktif sebagai Terapi Okupasi Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa buku interaktif ini dirancang untuk memberikan cara yang menyenangkan dan mendidik untuk melatih keterampilan kebersihan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Tujuan terapi ini, anak dapat diajarkan aktivitas kebersihan dan kemandirian dengan cara yang menyenangkan dan interaktif sehingga meningkatkan motivasi anak untuk berpartisipasi, dari buku ini di harapkan mampu meningkatkan kemandirian anak dalam melaksanakan program kesehatan individu dengan menggunakan visual yang indah dan aktivitas interaktif.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Interaktif, Kebersihan Diri, Terapi Okupasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Bilbina Zelfa Nawwaf
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:46
Last Modified: 29 Jul 2025 09:50
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11619

Actions (login required)

View Item View Item