Pengemasan Pesan Green Marketing pada Merek Kecantikan High Street Lokal (Analisis Isi Kualitatif pada Feeds Akun Instagram @SensatiaBotanicals Periode Januari – Desember 2024)

Putri, Amelia (2025) Pengemasan Pesan Green Marketing pada Merek Kecantikan High Street Lokal (Analisis Isi Kualitatif pada Feeds Akun Instagram @SensatiaBotanicals Periode Januari – Desember 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (241kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SPT-I-03-PERPUS-POB-02-F-06 Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BUKTI LOLOS SIMILARITY.pdf

Download (975kB)

Abstract

Seiring meningkatnya kesadaran publik terhadap isu lingkungan, banyak perusahaan di lingkup kecantikan mulai membentuk citra sebagai perusahaan yang berkelanjutan melalui strategi komunikasi Green Marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akun Instagram @sensatiabotanicals mengemas pesan Green Marketing sepanjang periode Januari – Desember 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi serta paradigma post-positivisme, di mana data yang dikumpulkan akan diuji reliabilitasnya. Sebanyak 127 unggahan Instagram dianalisis berdasarkan tiga kategorisasi: (1) Elemen Green Marketing Mix, (2) Jenis Konten Marketing, dan (3) Bentuk Konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen paling dominan adalah Green Promotion, diikuti oleh dominasi konten edukasi sebagai jenis konten, serta penggunaan Single Image sebagai bentuk konten yang paling sering digunakan. Dominasi ini memperlihatkan bahwa Sensatia Botanicals memilih untuk menyampaikan nilai keberlanjutan sekaligus memperkuat citra merek di mata konsumen yang semakin peduli akan lingkungan melalui elemen Green Promotion dan dibalut menjadi konten edukasi berbentuk foto. Dominasi tersebut menunjukkan keberhasilan Sensatia Botanicals dalam memposisikan diri sebagai merek kecantikan lokal yang peduli akan lingkungan dan transparan, dibandingkan merek serupa yang juga mengusung keberlanjutan. Penelitian ini merekomendasikan agar studi selanjutnya dapat menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, dengan tujuan untuk menggali secara lebih mendalam strategi komunikasi Green Marketing merek kecantikan lokal di media sosial, khususnya Instagram.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Green Marketing, Instagram, Konten, Pengemasan Pesan, Analisis Isi Kualitatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Amelia Ananda Putri
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:03
Last Modified: 07 Aug 2025 02:04
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item