Pratama, Andanu Lazuarki (2021) KAJIAN NETNOGRAFI KOMUNITAS VIRTUAL TIKTOK INDONESIA SALING FOLLOW DI GRUP FACEBOOK. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
01.PENDAHULUAN.pdf Download (609kB) |
|
Text
03.ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text
08.BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text
02.ABSTRACT .pdf Download (213kB) |
|
Text
14.LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Komunitas virtual TikTok Indonesia Saling Follow menjadi kajian menarik dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi internet. Penggambaran terkait konstruksi, interaksi dan identitas simbolik yang terjadi dalam komunitas tersebut di grup Facebook menjadi penting dan menarik untuk diteliti. Menariknya penelitian untuk diteliti karena posisi penelitian ini ada pada komunitas virtual yang memiliki anggota yang banyak yakni 74 ribu anggota dan tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu penelitian ini menggunakan metode netnografi dengan teori interaksi simbolik sebagai pisau analisisnya. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan aktor utama komunitas dan analisis tema percakapan dalam komunitas. Hasil temuan penelitian didapat dengan menggunakan konsep interaksi simbolik miliki Mead yang diterjemahkan oleh Herbert Blumer dan dengan konsep Identitas, Kegiatan, Objek, Interaksi sosial dan Aksi bersama dan menunjukkan hasil bahwa komunitas ini membantu para anggotanya untuk mendapatkan relasi baru yang juga memiliki kesamaan minat untuk menjadi kreator tiktok yang terkenal. Dalam aktivitasnya para anggota komunitas ini melakukan aktivitas untuk saling membantu sebagai aksi bersama untuk membantu individu lainnya untuk mencapai motif pribadinya dengan melakukan interaksi berupa pertukaran makna yang diinterpretasikan oleh individu itu sendiri dan menghasilkan pemikiran yang membentuk budaya dan identitas pada komunitas virtual ini. Terbentuknya identitas kelompok yang memiliki solidaritas yang tinggi komunitas ini juga membantu anggotanya mendapatkan followers baru yang merupakan salah satu indikator penting untuk menjadi opinion leader pada platform media sosial TikTok. Komunitas ini juga menjadi wadah yang tepat untuk para kreator dalam mengekspresikan diri, mencapai tujuan pribadi untuk menjadi terkenal dan juga untuk menjaga eksistensi komunitas itu sendiri yang hingga kini anggotanya selalu bertumbuh menjadi salah satu komunitas dengan anggota terbanyak pada fitur grup facebook dan sebagai komunitas virtual TikTok.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhafilah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 04:54 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 04:54 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2350 |
Actions (login required)
View Item |