ANALISIS PEMAKNAAN PESAN PADA VIDEO GLOBAL CAMPAIGN #ENDVIOLENCE KOLABORASI UNICEF DAN BTS (Analisis Resepsi Pada Khalayak Remaja Korban Bullying)

Nonafianti, - (2021) ANALISIS PEMAKNAAN PESAN PADA VIDEO GLOBAL CAMPAIGN #ENDVIOLENCE KOLABORASI UNICEF DAN BTS (Analisis Resepsi Pada Khalayak Remaja Korban Bullying). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (457kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (132kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan penonton terhadap kasus bullying dan bagaimana pentingnya mencintai diri sendiri dalam video global campaign #ENDViolence yang merupakan hasil kolaborasi dari UNICEF dan BTS. Video global campaign ini dibuat bertepatan dengan hari persahabatan dunia, serta adanya video ini bertujuan untuk menyuarakan stop tindakan kekerasan, dan penyampaian makna pentingnya mencintai diri sendiri melalui backsound lagu baru mereka dengan judul ”Answer : Love Myself. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode Penelitian menggunakan analisis resepsi. Berdasarkan hasil wawancara dengan keempat informan menghasilkan posisi pembacaan yaitu keempat informan berada dalam posisi dominant-hegemonic reading. Keempat informan benar memahami makna pesan yang terkandung di dalam video global campaign dengan baik dan sesuai dengan prefered reading yang ingin disampaikan dari video tersebut. Hal ini diduga kuat dipengaruhi oleh latar belakang keempatnya yang perna mengalami tindakan bullying.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhafilah
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:29
Last Modified: 26 Jan 2022 06:29
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item