Noviani, Ade (2022) Instagram Sebagai Medium Pesan Komunitas Ibu Tunggal di Indonesia (Studi Netnografi di Akun Instagram @singlemomsindonesia). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (544kB) |
|
Text
2. Abstract.pdf Download (116kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (125kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (103kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (82kB) |
|
Text
6. Daftar Tabel.pdf Download (118kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (78kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (349kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (252kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (148kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Komunitas virtual Ibu Tunggal Indonesia di Instagram yakni Single Moms Indonesia (SMI) menjadi kajian yang menarik dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi dan komunikasi. Penggambaran terkait pesan yang disampaikan melalui media sosial Instagram @singlemomsindonesia dalam konteks tema, fungsi, dan pesan sebelum dan sesudah pandemi serta tanggapan para pengikutnya di Instagram menjadi salah satu hal yang penting dan menarik untuk diteliti. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode netnografi dengan menggunakan konsep komunikasi kelompok, komunitas virtual, pesan persuasi, dan media sosial sebagai pisau analisisnya. Data penelitian diperoleh melalui analisis postingan di Instagram periode November 2019 – Juni 2020 dan wawancara mendalam kepada pengikut akun Instagram @singlemomsindonesia yang berstatus sebagai ibu tunggal. Hasil temuan penelitian menunjukkan tema pesan yang sering muncul adalah cerita dan pesan untuk ibu tunggal dengan fungsi pesan yakni fungsi sosial dan bentuk pesan yang sering muncul disampaikan dalam bentuk poster. Tanggapan pengikut Instagram @singlemomsindonesia menunjukkan tanggapan yang positif melalui pesan yang diunggah di Instagram informan merasa mempunyai dukungan dari pihak lain. Komunitas SMI di Instagram menjadi wadah yang tepat untuk menyampaikan pesan kepada kelompok marjinal dan tetap menjaga eksistensi komunitas di era digital dibuktikan dengan komunitas SMI merupakan salah satu komunitas virtual ibu tunggal yang mempunyai pengikut terbanyak dibandingkan yang lainnya.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunitas virtual, Ibu tunggal, Instagram, Pesan persuasi, Media sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Ade Noviani |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 02:57 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 02:58 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2825 |
Actions (login required)
View Item |