Kajian Penerapan Konsep Adaptasi Bangunan Cagar Budaya Terhadap Gedung Sekolah (Studi Kasus SMK Negeri 1 Jakarta)

Sulaemansyah, Arya Kertapati (2022) Kajian Penerapan Konsep Adaptasi Bangunan Cagar Budaya Terhadap Gedung Sekolah (Studi Kasus SMK Negeri 1 Jakarta). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1_Pendahuluan.pdf

Download (705kB)
[img] Text
2_Abstract.pdf

Download (99kB)
[img] Text
3_Abstrak.pdf

Download (99kB)
[img] Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
5_Daftar Gambar.pdf

Download (106kB)
[img] Text
6_Daftar Tabel.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7_Daftar Lampiran.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8_BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
9_BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
10_BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
11_BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12_BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
13_Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)
[img] Text
14_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam upaya pelestarian bangunan cagar budaya yang bertujuan untuk tetap mempertahankan nilai sejarah agar generasi mendatang dapat mempelajari sejarah suatu negara, membuat bangunan cagar budaya terus mengalami penyesuaian terkait perkembangan yang disebabkan oleh faktor pengguna, alam, dan zaman agar keberadaannya terus dilestarikan. Upaya pelestarian ini disebut sebagai pengembangan dan termasuk dalam kategori adaptasi. Salah satu bangunan cagar budaya yang menerapkan konsep adaptasi ini adalah Sekolah SMK Negeri 1 Jakarta. Selain untuk melestarikan keberadaan bangunan cagar budaya, konsep adaptasi ini juga bertujuan untuk menjaga keandalan dari bangunan ini yaitu sebagai sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana konsep adaptasi ini diterapkan pada gedung Sekolah SMK Negeri 1 Jakarta dalam upaya pelestarian bangunan cagar budaya serta melihat perubahan yang terjadi setelah konsep adaptasi ini dilakukan pada bangunan Sekolah SMK Negeri 1 Jakarta. Untuk mendapatkan data mengenai penerapan konsep adaptasi, peneliti melakukan observasi lapangan, wawancara, studi literatur, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang didukung oleh peraturan terkait cagar budaya yang berlaku serta strategi penerapan adaptasi. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memperluas ilmu dan wawasan khususnya dalam aspek bangunan bersejarah demi menjaga nilai sejarah.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Bangunan, Cagar Budaya, Sekolah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LA History of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Arsitektur
Depositing User: Mr Arya Kertapati Sulaemansyah
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:51
Last Modified: 08 Jul 2022 06:51
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item