Konten Pariwisata di Situs Berita Nasional Selama Pandemi (Analisis Isi Kuantitatif Berita pada Detik.com, Kompas.com dan Okezone.com Periode Maret 2020 - Desember 2021)

Prasetyo, Aisyah Nur Shafa (2022) Konten Pariwisata di Situs Berita Nasional Selama Pandemi (Analisis Isi Kuantitatif Berita pada Detik.com, Kompas.com dan Okezone.com Periode Maret 2020 - Desember 2021). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN (11).pdf

Download (872kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (416kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (952kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (550kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Konten berita pariwisata merupakan salah satu komoditas unggulan dalam pemberitaan pada media massa nasional. Indonesia dengan potensi wisatanya sangat kaya akan realitas pariwisata sebagai materi pemberitaan. Pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun yang menghantam keras sektor pariwisata pun berdampak pada bagaimana media meliput dan menyajikan pemberitaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyajian konten berita pariwisata bertema perjalanan wisata pada media Detik.com, Kompas.com dan Okezone.com periode Maret 2020-Desember 2021. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivis dengan metode analisis isi kualitatif. Konsep-konsep yang menjadi kategori dalam penelitian antara lain jenis berita, narasumber, gaya berita, nilai berita dan nada berita. Hasil penelitian terhadap 294 konten berita pariwisata pada tiga media nasional selama pandemi menunjukan soft news masih menjadi jenis berita dominnan pada konten berita pariwisata karena adanya tuntutan konten khusus yang beragam yang memiliki rubrik khusus pariwisata. Narasumber yang dominan ialah dari instansi pemerintah karena mengenai kebijakan pemerintah selama pandemi yang memengaruhi sektor pariwisata. Gaya berita yang dominan adakah informatif. Nilai berita yang dominan ditemukan adalah nilai berita penting hal ini terkait dengan dominannya informasi mengenai kebijakan yang bersifat dinamis dan perlu diinformasikan pada khalayak termasuk industri pariwisata. Nada berita pemberitaan pariwisata didominasi oleh nada berita positif dengan penekanan mengenai harapan bagi sektor pariwisata selama pandemi dalam sejumlah pemberitaan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Online, Media Online, Berita Pariwisata, Analisis Isi Kualitatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Aisyah Nur Shafa Prasetyo
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:11
Last Modified: 18 Jul 2022 08:11
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item