Pengaruh Tundaan dan Panjang Antrian pada Simpang Bersinyal Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak Studi Kasus: Persimpangan CBD Emerald Bintaro

Nasution, Rafenina Adisty (2022) Pengaruh Tundaan dan Panjang Antrian pada Simpang Bersinyal Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak Studi Kasus: Persimpangan CBD Emerald Bintaro. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (819kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (74kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (125kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (888kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tundaan dan panjang antrian di persimpangan menyebabkan waktu yang dibutuhkan untuk melintasi simpang bersinyal menjadi semakin lama. Pengaruh lama tundaan selain berdampak pada kerugian waktu, juga berdampak pada konsumsi BBM. Seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan transportasi, maka BBM juga akan semakin langka. Konsumsi BBM yang terbuang di simpang bersinyal pada saat kendaraan diam (idle) sangat dipengaruhi oleh lama waktu tundaan dan panjang antrian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh waktu tundaan dan panjang antrian terhadap konsumsi BBM di persimpangan CBD Emerald Bintaro yang terdiri dari dua pendekat. Data primer yang diambil adalah volume kendaraan, tundaan dan panjang antrian. Perhitungan konsumsi BBM berdasarkan lama tundaan menggunakan persamaan dari LAPI-ITB pada saat diam (idle). Analisis pengaruh tundaan dan panjang antrian terhadap konsumsi BBM menggunakan analisis regresi linier berganda dengan konsumsi BBM sebagai variabel terikat (Y) yang dipengaruhi oleh tundaan dan panjang antrian sebagai variabel bebas (X1 dan X2). Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan regresi untuk pendekat RSPI tidak memenuhi kriteria BLUE sehingga tidak dapat digunakan. Sedangkan persamaan regresi pendekat Funtastico memenuhi kriteria BLUE sehingga sesuai dengan hipotesis diawal bahwa semakin tinggi waktu tundaan dan panjang antrian kendaraan di simpang bersinyal, maka konsumsi bahan bakar minyak oleh kendaraan akan semakin banyak yang terbuang.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tundaan, panjang antrian, konsumsi bbm, simpang bersinyal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Rafenina Adisty Nasution
Date Deposited: 19 Jul 2022 14:13
Last Modified: 19 Jul 2022 14:13
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item